Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kompleks Ruko Jalan Johar Kota Surabaya

Amir Al Faroqi, Amir (2017) Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kompleks Ruko Jalan Johar Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113041057-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (48MB) | Preview

Abstract

Banyaknya orang yang tinggal di suatu kawasan tertentu akan timbul beberapa permasalahan. Salah satu permasalahan yang akan timbul adalah bangkitan atau tarikan yang dihasilkan gedung atau fasilitas umum. Sehubungan dengan terbangunnya Kompleks Ruko Jalan Johar tentunya akan terjadi bangkitan atau tarikan lalu lintas baru di kawasan tersebut dan kemudian akan memberikan tambahan volume lalu lintas yang membebani simpang dan ruas sekitar yang merupakan jalan akses menuju dan meninggalkan kawasan yaitu Jl. Johar dan sekitarnya yang mana pada kondisi eksisting di sekitar jalan – jalan tersebut sudah mulai menunjukkan terjadinya kepadatan lalu lintas khususnya pada jam puncak. Pedoman yang digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja simpang bersinyal, sinyal tak bersinyal maupun segmen yaitu dari Peraturan MKJI 1997, kemudian dari hasil evaluasi pada awal pembukaan dan 5 tahun beroperasinya Kompleks Ruko Johar jika ada yang memiliki DS > 0,85 maka perlu dilakukan alternatif perbaikan / rekomendasi agar simpang atau segmen tersebut memenuhi. Hasil dari analisa lalu lintas DS maksimum terdapat pada simpang tak bersinyal Jl. Sulung – Jl. Johar dan Jl. Semut Kali – Jl. Johar – Jl. Semut Baru pada saat jam puncak sore kondisi 5 tahun beroperasi (2023) yaitu DS = 1,266 dengan LOS F kemudian pada simpang bersinyal Jl.Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Kebonrojo yaitu DS = 0,995 dengan LOS D. Rekomendasi yang dilakukan yaitu perubahan pada simpang tak bersinyal Jl. Sulung – Jl. Johar dan Jl. Semut Kali – Jl.Johar – Jl. Semut Baru menjadi simpang bersinyal sehingga DS maksimum turun menjadi DS = 0,737 dengan LOS B kemudian perubahan cycle time dan geometrik jalan pada simpang Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Kebonrojo sehingga DS maksimum turun menjadi DS = 0,850 dengan LOS C sehingga tingkat pelayanan simpang lebih stabil setelah dilakukan rekomendasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS Far a
Uncontrolled Keywords: Bangkitan, Tarikan, Kompleks ruko, Derajat kejenuhan (DS), Level of Service (LOS), Kinerja lalu lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D4) Diploma 4
Depositing User: Amir Al Faroqi
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:16
Last Modified: 06 Mar 2019 06:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46739

Actions (login required)

View Item View Item