analisa ansys-cfd hambatan lambung katamaran simetris dan asimetris (flat side inside) untuk aplikasi pada kapal patroli

Tambunan, More Rise (2017) analisa ansys-cfd hambatan lambung katamaran simetris dan asimetris (flat side inside) untuk aplikasi pada kapal patroli. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4113100019-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana luas perairannya mencapai 70 persen dari keseluruhan luas wilayahnya. Kapal patroli sebagai penunjang pelaksanaan pengawas keselamatan pelayaran sagat dibutuhkan untuk mendukung keselamatan aktivitas transportasi laut. Berkembangnya kapal patroli yang cepat stabil dan efisien membuat permintaan pasar meningkat. Desain kapal patroli menggunakan lambung katamaran yang dapat mengurangi 20 % hambatan dari kapal monohull dan juga stabilitas yang lebih baik dari kapal monohull menjadikan lambung katamaran dipakai sebagai kapal patroli. Tugas akhir ini bertujuan untuk membandingkan hambatan total lambung kapal patroli katamaran simetris dan asimetris dengan displasemen yang sama dan pengaruh konfigurasi bentuk lambung kapal katamaran terhadap besarnya hambatan kapal patrol katamaran simetris dan asimetris (flat side inside ), pola aliran (tekanan dan kecepatan aliran) dan shear stress yang terjadi pada lambung kapal bagian dalam dan luar untuk membuktikan interferensi. Lambung kapal patrol katamaran simetris menggunakan kapal patroli seri FBI.1023.XA yang di produksi oleh PT. Fiberboat. Pada kedua lambung kapal patrol katamaran diberikan variasi jarak pemisah lambung (Demihull) yaitu S/L = 0.2 ; 0.3 ; 0.4. Analisa perbandingan habatan total lambung katamaran simetris dan asimetris (flat side inside) menggunankan ANSYS-CFD pada berbagai kecepatan dengan variasi angka Froude Number yaitu Fr = 0.19; 0.28; 0.37; 0.46; 0.55; dan 0.65.
================================================================================================================================
Indoneisa is an archipelago where the region of the sea reached 70 percent of total broad of it’s area. Patrol boats is a supporting, implementation and inspector for safety shipping. It makes patrol boat is needed to support the safety activity of marine transportation. As the developing of Marine technology, the patrol boat that have the high speed, good stability and low fuel consumption makes catamaran hull to be a better option for patrol boat, because catamaran hull can reduce 20 % ships’ resisitance than the monohull. This Thesis aims to compare the total resistance of smmetrican and asymetrical Patrol boat with the equal displacemet and determine the effect of configuration is symmetrical catamaran hull become asymmetrical (flat side inside) to the amount of asymmetrical catamaran resistance, the pattren of flow (Pressure and flow rate) and the shear stress to prove the interferece phenomenom. Symmetrical catamaran hull design using the seri FBI.1023.XA patrol catamaran by P.T Fiberboat. Both of catamaran Hull design to varying the distance separating (demuhull), namely S/L = 0.2 ; 0.3 ; 0.4. Analysis of constraints and calculation of interference effects between the two hull using ANSYS-CFD at various speeds with the variation of the Froude Number Fr = 0.19 ; 0.28 ; 0.37 ; 0.46 ; 0.55 and 0.65.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Katamaran , Simetris, Asimetris, Jarak pisah Lambung, CFD,Ansys
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: More Rise Tambunan
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:59
Last Modified: 22 Jul 2024 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47494

Actions (login required)

View Item View Item