Magnetohidrodinamik Yang Tak Tunak Pada Lapisan Batas Yang Mengalir Melalui Bola Di Dalam Fluida Mikrokutub Di Bawah Pengaruh Medan Magnet

Pratomo, Rizky Verdyanto (2017) Magnetohidrodinamik Yang Tak Tunak Pada Lapisan Batas Yang Mengalir Melalui Bola Di Dalam Fluida Mikrokutub Di Bawah Pengaruh Medan Magnet. Masters thesis, Institut Teknologi Supuluh Nopember.

[thumbnail of 1215201203-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
1215201203-Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian-kajian tentang aliran fluida tentunya sangat menarik untuk dipelajari, mengingat begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dan diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Kajian tentang aliran fluida yang saat ini banyak diteliti adalah Magnetohidrodinamik (MHD). Magnetohidrodinamik adalah suatu kajian tentang aliran fluida penghantar listrik yang dipengaruhi oleh medan magnet. Pada penelitian ini dikaji dan diteliti pengaruh medan magnet pada aliran fluida magnetohidrodinamik yang tak tunak pada lapisan batas yang mengalir melalui bola di dalam fluida mikrokutub di bawah pengaruh medan magnet secara teori dengan mengkonstruksi model matematikanya dan kemudianmodel matematika yang diperoleh akan diselesaikan secara numerik dengan skema Keller-Box kemudian disimulasikan secara numerik untuk mengkaji pengaruhnya terhadap profil kecepatan aliran fluida dan profil mikrorotasi partikelnya. Hasil dari penelitian menunjukkan semakin besar parameter magnetik, maka semakin meningkat pula profil kecepatan aliran fluida mikrokutub. Selain itu semakin besar parameter bahan, maka semakin menurun profil kecepatan aliran fluida mikrokutub serta Semakin besar parameter magnetik, maka profil mikrorotasi akan semakin kecil untuk n=0. Sedangkan untuk n=0,5 dan n=1, semakin besar parameter magnetik, maka profil mikrorotasi akan semakin besar.

===============================================================================================

Research about fluid flow was very interesting because have a lot of advantage and can be applied in many aspect of life. The study on fluid flow which is now widely studied is the magnetohydrodynamic (MHD).Magnetohydrodynamic is a conductivity, flow or movement of a fluid or electrically in a magnetic field. This research has reviewed and investigated the effect of magnetic fields on the flow of fluid magnetohydrodynamic are unsteady on the boundary layer that flows through the sphere in the fluid mikrokutub under the influence of a magnetic field in theory to create a model of math and then the system of equations obtained will be solved numerically with Keller-Box scheme then numerically simulated to assess its effect on the fluid flow velocity profile and the profile micro rotation particles. The result of this research indicate increasing the magnetic parameters, increasing velocity profile. Increasing material parameters, decreasing velocity profile and increasing magnetic parameters, decreasing microrotation profile for n=0. While for n=0,5 and n=1, increasing magnetic parameters, increasing microrotation profile.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMa 538.6 Pra m-1
Uncontrolled Keywords: Magnetohidrodinamik, Fluida Mikrokutub, Skema Keller-Box.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Pratomo Rizky Verdyanto
Date Deposited: 14 May 2019 06:10
Last Modified: 14 May 2019 06:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47548

Actions (login required)

View Item View Item