Estimasi Koefisien Hidrodinamika Kapal dengan Menggunakan Extended Kalman Filter

Fidyastuti, Putri Auliya (2017) Estimasi Koefisien Hidrodinamika Kapal dengan Menggunakan Extended Kalman Filter. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1213100024-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Pada prinsipnya perilaku gerak kapal dibagi menjadi: surge, sway, heave, yaw, roll, dan pitch. Perilaku gerak kapal dapat dihitung menggunakan Planar Motion Mecanism (PMM) Test, tetapi di Indonesia tepatnya di LHI (Laboratorium Hindrodinamika Indonesia) masih dalam renovasi, sehingga digunakan alternative dalam melakukan uji/percobaan dengan FRM Test (Free Running Model) yang harganya lebih murah dari PMM Test. Data pada penelitian ini didapat dari FRM Test melalui Turning Test dan zig zag 10-10 dengan 4 DOF (Degree of Freedom), yaitu surge, sway, yaw, roll. Pada penelitian ini akan akan dilakukan estimasi koefisien hidrodinamika kapal dengan Ekstended Kalman Filter. Metode EKF dipilih karena dianggap tepat untuk digunakan pada model yang berbentuk nonlinear. Penelitian ini diharapkan menjadi alternatif dalam menghitung pergerakan kapal dengan perhitungan numerikdan Regresi Linear digunakan untuk mengestimasi koefisien hidrodinamika kapal dengan hasil yang didapatkan estimasi koefisien dengan error yang kecil juga didapatkan lintasan kapal hasil estimasi yang hampir sama dengan lintasan awal dari data dengan data yang telah diestimasi. ===================================================================== Hydrodynamic is one of the branches of engineering science especially in Shipbuilding technology .In principle, the behavior of ship's movement divided into 6 Degree of Freedom (DOF) those are surge, swa y, heave, yaw, roll, and pitch.Coefficient of ship's hydrodinamic is obtained through Captive test or as known as Planar Motion Mechanism (PMM) test or system identification test, however, to do PMM Test in Indonesia is under, so we do an alternative way through a development from identification system test namely Free Running Model (FRM) test is cheaper than PMM Test . The data in this research obtained from FRM test through Turning test test and zig zag test 10- 10 by Hydrodynam ic Laboratory of Indonesia (LHI) using 4 D egree of F reedom ( DOF ) those are surge, sway, yaw, roll . This research will estimate hydrodynamis coeficient of ship using Extended Kalman Filter Method and Regression Analysis. EKF method was selected because it can be used for estimating non linier dynamic m odel on ship's hydrodynamic coe fficientlinierization process.The result that are achieved can estimate ship's hydrodynamic coefficient with less error and the track of ship from the result of estimate similar with track of ship from data

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Estimasi, Koefisien Hidrodinamika, Kapal, Regresi Linear, Extended Kalman Filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA911 Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Putri Auliya Fidyastuti
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:50
Last Modified: 09 Jan 2018 03:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47550

Actions (login required)

View Item View Item