Estimasi Koefisien Hidrodinamika Kapal dengan Menggunakan Extended Kalman Filter

Fidyastuti, Putri Auliya (2017) Estimasi Koefisien Hidrodinamika Kapal dengan Menggunakan Extended Kalman Filter. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1213100024-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
1213100024-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Pada prinsipnya perilaku gerak kapal dibagi menjadi: surge, sway, heave, yaw, roll, dan pitch. Perilaku gerak kapal dapat dihitung menggunakan Planar Motion Mecanism (PMM) Test, tetapi di Indonesia tepatnya di LHI (Laboratorium Hindrodinamika Indonesia) masih dalam renovasi, sehingga digunakan alternative dalam melakukan uji/percobaan dengan FRM Test (Free Running Model) yang harganya lebih murah dari PMM Test. Data pada penelitian ini didapat dari FRM Test melalui Turning Test dan zig zag 10-10 dengan 4 DOF (Degree of Freedom), yaitu surge, sway, yaw, roll. Pada penelitian ini akan akan dilakukan estimasi koefisien hidrodinamika kapal dengan Ekstended Kalman Filter. Metode EKF dipilih karena dianggap tepat untuk digunakan pada model yang berbentuk nonlinear. Penelitian ini diharapkan menjadi alternatif dalam menghitung pergerakan kapal dengan perhitungan numerikdan Regresi Linear digunakan untuk mengestimasi koefisien hidrodinamika kapal dengan hasil yang didapatkan estimasi koefisien dengan error yang kecil juga didapatkan lintasan kapal hasil estimasi yang hampir sama dengan lintasan awal dari data dengan data yang telah diestimasi.

=====================================================================

Hydrodynamic is one of the branches of engineering
science especially in Shipbuilding technology
.In principle, the
behavior of ship's movement divided into 6
Degree of Freedom
(DOF) those are surge, swa
y, heave, yaw, roll, and
pitch.Coefficient of
ship's hydrodinamic is obtained through
Captive test or as known as
Planar
Motion
Mechanism
(PMM)
test or system identification test, however, to do PMM Test
in
Indonesia
is under, so we do an alternative way through a
development from identification system test namely Free Running
Model
(FRM) test
is cheaper than PMM Test
. The data in this
research obtained from FRM test through Turning test test and
zig zag test 10-
10 by Hydrodynam
ic Laboratory of Indonesia
(LHI)
using 4 D
egree of F
reedom (
DOF
) those are surge, sway,
yaw, roll
. This research will estimate hydrodynamis coeficient of
ship using Extended Kalman Filter Method and Regression
Analysis.
EKF method was selected because it can be used for
estimating non linier dynamic m
odel on ship's hydrodynamic
coe
fficientlinierization
process.The result that are achieved can
estimate ship's hydrodynamic coefficient with less error and the
track of ship from the result of estimate similar
with track of ship
from data

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Estimasi, Koefisien Hidrodinamika, Kapal, Regresi Linear, Extended Kalman Filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putri Auliya Fidyastuti
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:50
Last Modified: 05 Mar 2019 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47550

Actions (login required)

View Item View Item