Identifikasi Multiple Damages Struktur Kapal Berbahan Sandwich Panel Menggunakan Respon Getaran

Iswidodo, Windra (2017) Identifikasi Multiple Damages Struktur Kapal Berbahan Sandwich Panel Menggunakan Respon Getaran. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4115203006-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4115203006-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak terobosan baru dalam teknologi material. Salah satunya adalah penggunaan material Sandwich Panel untuk konstruksi kapal. Sandwich Panel merupakan material ringan yang terdiri dari dua pelat baja yang dipisahkan oleh bagian inti (core). Material Sandwich Panel pada kapal akan mendapat gaya berulang dari luar, hal tersebut akan memicu adanya retak dan kemudian dapat menyebabkan kegagalan pada material.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan material inti dari Sandwich Panel dengan bahan resin dan talac yang memiliki komposisi 10%, 20%, 30%, dan 40% dari berat total. Identifikasi dilakukan dengan metode eksperimen yang meliputi pengujian, densitas, kekuatan geser, dan kekuatan tarik material untuk mendapatkan nilai persyaratan yang diberikan oleh DNV. Investigasi dilakukan juga pada material Sandwich Panel dengan metode eksperimen kekuatan lentur. Analisa dengan Finite Element Modeling dilakukan untuk validasi kekuatan material Sandwich Panel. Selanjutnya, akan dilakukan identifikasi dampak multiple damages melalui pendekatan karakteristik getaran dengan metode ekperimen dan analisa finite elemen.
Berdasarkan hasil penelitian, penambahan komposisi talac pada core material memberikan peningkatan kekuatan material 12,23% dan peningkatan kekakuan material sebesar 23,10% pada modulus geser. Analisa aplikasi sandwich panel pada geladak kendaraan menghasilkan perubahan berat konstruksi sebesar -10,71% dengan perubahan bentuk konstruksi seperti berkurangnya penegar dan penumpu. Pengaruh cacat pada material inti Sandwich Panel berdasarkan hasil eksperimen terjadi penurunan rata-rata frekuensi natural sebesar 1,64%.
=================================================================
Nowday, lot of new breakthroughs in material technology. One of the them is the use of Sandwich panel Material. Sandwich panel is a material that consist of two steel plates separated by a core part. On its application on ship, Sandwich panel will get repetitive force from the outside. This will occur a defect and then lead to failure of the material.
This research was conduct to got core material from Sandwich Panel with resin and talac which have composition 10%, 20%, 30%, and 40%. Identification doing by experimental method that includes testing, density, shear strength, and tensile strength to obtain the value of the requirements provided by DNV. Sandwich Panel material with flexural strength experimental method to investigated. This research will identify multiple damages with vibration characteristic approach with the experimental method and finite element analysis.
Based on the result, added of talac composition on core material gives 12.23% material strength and material stiffness increase of 23.10% in shear modulus. Analysis of sandwich panel applications on the cardeck resulted in a reduced of construction weight -10.71%. Effect of defect on Sandwich Panel core material based on the experimental result is a decrease in natural frequency mean of 1.64%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Core Material, Sandwich Panel, Pengujian Getaran, Multiple Damages, Vibration test
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Windra Iswidodo .
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:05
Last Modified: 05 Mar 2019 07:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47828

Actions (login required)

View Item View Item