Pengembangan Layanan Reservasi Homestay Untuk Wisata Kuliner Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Potensi Pendapatan Masyarakat

-, Ahmad (2016) Pengembangan Layanan Reservasi Homestay Untuk Wisata Kuliner Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Potensi Pendapatan Masyarakat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100088-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak wisatawan yang bepergian memiliki tujuan untuk menambah pengalaman kuliner mereka dengan melakukan wisata kuliner. Bagi sebuah kota, wisata kuliner dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Tingginya angka wisatawan tentunya juga akan membuat permintaan terhadap fasilitas akomodasi atau penginapan meningkat. Masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan kedatangan dari para wisatawan tersebut. Masyarakat yang mempunyai sumber daya lebih dapat menyewakan tempatnya sebagai homestay serta menularkan ilmu mengenai kuliner kepada wisatawan yang datang atau menawarkan kepada mereka sebuah tur kuliner. Diperlukan sebuah layanan yang dapat mempertemukan antara para pemilik homestay dengan wisatawan yang membutuhkan akomodasi penginapan. Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah layanan reservasi homestay untuk wisata kuliner yang diharapkan dapat menjadi solusi terhadap wisatawan yang mencari akomodasi sekaligus ingin menambah pengalaman kuliner mereka. Layanan ini menawarkan sarana penginapan yang juga menggabungkan aspek kuliner sebagai tambahan pengalaman bagi para wisatawan yang datang. Layanan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk masyarakat untuk meningkatkan potensi pendapatan mereka. Sedangkan bagi wisatawan, layanan ini diharapkan dapat memberikan tambahan alternatif dalam perencanaan wisata mereka. ================================================================== The tourism sector in Indonesia is growing rapidly in recent years. Many travelers who are traveling have a goal to increase their culinary experience with doing a culinary tour. For the city, culinary tourism can be used as a promotional tool that is effective in increasing tourist arrivals. The high number of travelers would also create demand for accommodation facilities. People can actually take advantage of the arrival of the tourists. People who have more resources can rent out his place as a homestay and transmit knowledge about the culinary to the traveler or offer them a culinary tour. Needed a service that can bring together between homestay owners with travelers who need the accommodations. This final project will develop a homestay reservation service for culinary tourism that is expected to be the solution for travelers looking for accommodation at the same time they want to add their culinary experience. This service offers accommodation facilities which also incorporates culinary aspects as an additional experience for the tourists who come. This service is expected to become a means for townspeople to increase their revenue potential. As for tourists, this service is expected to provide an additional alternative in planning their travel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.276 2 Ahm p
Uncontrolled Keywords: Homestay, culinary tourism, customer to customer
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:22
Last Modified: 14 Sep 2017 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48844

Actions (login required)

View Item View Item