Analisa Strategi Corporate Pada Industri Jasa Freight Forwarding Dengan Menggunakanbn Metode Mcdm-Ahp Di Pt. Dmk Cargo

Raharja, Alda (2016) Analisa Strategi Corporate Pada Industri Jasa Freight Forwarding Dengan Menggunakanbn Metode Mcdm-Ahp Di Pt. Dmk Cargo. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9112201305-Master Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dampak dari perkembangan perdagangan dan teknologi saat ini semakin terlihat persaingan yang semakin ketat diindustri jasa pengiriman barang, sehingga diperlukan strategi-strategi alternatif yang mampu menciptakan daya saing yang sustainable. PT Dian Mega Kurnia (DMK) atau biasa disebut DMK Cargo adalah perusahaan yang melayani jasa pengiriman barang yang fokus pada ruang lingkup cargo dengan pengiriman melalui laut (sea freight), darat (inland) maupun udara (air freight). Dalam penelitian ini bertujuan untuk melakukan formulasi strategi untuk industri jasa pengiriman barang (freight forwarding), dengan menggunakan model perumusan strategi Fred R. David (David, 2011). Perumusan strateginya mensyaratkan identifikasi faktor-faktor strategis internal dan eksternal perusahaan secara akurat. Identifikasi faktor-faktor akan dilakukan melalui kuesioner stakeholders perusahaan, yang selanjutnya akan diolah dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Faktor-faktor strategis tersebut kemudian digunakan di dalam tahap input (IFE, EFE, & CP Matrix) dan tahap pencocokan dengan menggunakan (Matrix SWOT, IE, SPACE, BCG, & GS). Kemudian hasilnya diolah dengan memakai QSP Matrix, sehingga diperoleh strategi-strategi yang tepat. Strategi-strategi ini kemudian dijabarkan ke dalam strategi fungsional dan implikasinya. Dari hasil analisis didapatkan strategi terpilih dengan nilai TAS terbesar. Nilai TAS yang terbesar adalah Strategi Forward Integration yaitu sebesar 5,69 diikuti oleh Strategi Market Penetration sebesar 5,11. Kemudian urutan ketiga yaitu Strategi Product Development dengan nilai TAS sebesar4,56. Sementara alternatif strategi terakhir adalah Market Development dengan nilai TAS yaitu, 4,52. =============================================================================================== The impact of trade and technological development is increasingly seen increasingly fierce competition in the industry of freight services, necessitating alternative strategies that can create sustainable competitive advantage. PT Dian Mega Kurnia (DMK) or so-called DMK Cargo is a company that serves freight has focused on the scope of cargo with shipping by sea (sea freight), land (inland) or air (air freight). In this study aims to conduct industrial strategy formulation for freight services (freight forwarding), using the model of strategy formulation Fred R. David (David, 2011). The formulation of the strategy requires the identification of factors internal and external strategic accurately. Identification of factors will be carried out through a questionnaire stakeholders of the company, which would then be processed by using AHP (Analytical Hierarchy Process). Strategic factors are then used in the input stage (IFE, EFE, and CP Matrix) and phase matching by using (SWOT Matrix, IE, SPACE, BCG, and GS). Then the results are processed using QSP Matrix, in order to obtain the appropriate strategies. These strategies are then translated into the functional strategy and its implications. From the analysis chosen strategy with the greatest value of TAS. TAS greatest value is the Forward Strategy Integration in the amount of 5.69 followed by Market Penetration Strategies of 5.11. Then the third is Product Development Strategy with TAS value of 4.56. While the latter alternative strategy is the Market Development with TAS value ie, 4.52.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Rah a
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, model perumusan strategi Fred R. David, formulasi strategi, industri jasa pengiriman barang (freight forwarding).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Business planning. Strategic planning
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:29
Last Modified: 27 Dec 2018 06:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48964

Actions (login required)

View Item View Item