Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan ANP Pada PT. Suzuki Indomobil Sales (R2) Regional Office Jatim

Negoro, Kautzar Satrio (2016) Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan ANP Pada PT. Suzuki Indomobil Sales (R2) Regional Office Jatim. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9112201410-Master Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan pasar industri otomotif roda dua di Indonesia cukuplah ketat dimana adanya banyak perusahaan yang ikut bermain dalam persaingan pasar untuk penjualan kendaraan roda dua. Berbagai macam strategi pemasaran guna meraih pasar dan untuk menjadi market leader pada tiap segmenya dilakukan oleh seluruh kompetitor. PT.Suzuki Indomobil Sales merupakan agen tunggal produsen motor Suzuki di Indonesia. Dari data AISI diketahui Suzuki meraih posisi ke tiga dalam persainganya untuk menjual kendaraan bermotor roda dua di Indonesia, namun pada dua tahun terakhir mengalami penurunan penjualan, yang sebelumnya 6% dari total marketshare yang ada menjadi 4% dari total marketshare. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan penjualan dan juga value dari perusahaan tersebut. Dengan menggunakan metode SWOT dab ANP dapat ditentukan suatu startegi dengan urutan tingkat prioritas, pada SWOT ditemukan kriteria-kriteria apa saja yang mempengaruhi Suzuki ROJatim baik secara internal maupun eksternal berdasarkan IE matriks diketahui bahwa Suzuki berada pada kuadran II dengan hasil IFE sebesar 3,44 dan EFE sebesar 2,998 dimana hal ini menunjukan bahwa Suzuki memerlukan jenis strategi tumbuh dan membangun. ANP dilakukan pembobotan kriteria dan perangkingan untuk selanjutnya didapatkan prioritas strategi. Dari hasil SWOT dan ANP dihasilkan lima strategi pilihan yaitu (1) Perusahaan melakukan pengembangan produk sesuai dengan keinginan pasar (0.358907), (2) Perusahaan melakukan perluasan jaringan purna jual (0.189934), (3) Perusahaan meningkatkan kegiatan promosi (0.114935), (4) Perusahaan melakukan perluasan pasar (0.071557), dan (5) Perusahaan meningkatkan keunggulan, performa dan harga jual untuk meredam persaingan dengan kompetitor (0.030992). Dari Analisis sensitivitas menghasilkan pada tiap kriteria yang dirubah terjadi perubahan prioritas pada tiap strategi, namun strategi lima merupakan yang paling sering berubah tingkat prioritasnya ketika dilakukan analisis sensitifitas. =============================================================================================== Market competition two-wheeler automotive industry in Indonesia tight enough where there are many companies that come into play in the competitive market for the sale of two-wheeled vehicles. Various kinds of marketing strategies in order to gain market share and to become the market leader in each segmenya done by all competitors. PT Suzuki Indomobil Sales sole agent Suzuki motorcycle manufacturers in Indonesia. Data from AISI known Suzuki won the third position in persainganya to sell motorcycles in Indonesia, but in the last two years experienced a decline in sales, which previously 6% of the total existing marketshare to 4% of the total marketshare. Selection of appropriate marketing strategies to increase sales and also the value of the company. By using the SWOT method ANP dab a strategy can be determined by order of priority, the SWOT found any criteria that affect Suzuki ROJatim both internally and externally is based on IE matrix known that Suzuki is in quadrant II with IFE results was 3.44 and EFE amounted to 2.998 where it is shown that the Suzuki require the type of strategy to grow and build. ANP weighted criteria and subsequently obtained rank to strategic priorities. From the results of SWOT and ANP produced five strategic choices of (1) the Company to develop products according to market demand (0.358907), (2) the Company expanded sales network (0.189934), (3) the Company increased promotional activity (0.114935), (4) the Company made market expansion (0.071557), and (5) the Company excellence, performance and price to dampen competition with competitors (0.030992). A sensitivity analysis of each criterion resulted in a revamped change the priority of each strategy, but the five strategies are the most frequently changed its priority level when performed sensitivity analysis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Neg p
Uncontrolled Keywords: SWOT, ANP, Pemasaran, Managemen Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Business planning. Strategic planning
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:33
Last Modified: 27 Dec 2018 03:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48965

Actions (login required)

View Item View Item