Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan ANP Pada PT. Suzuki Indomobil Sales (R2) Regional Office Jatim

Negoro, Kautzar Satrio (2016) Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan ANP Pada PT. Suzuki Indomobil Sales (R2) Regional Office Jatim. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9112201410-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9112201410-Master Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan pasar industri otomotif roda dua di Indonesia cukuplah ketat dimana
adanya banyak perusahaan yang ikut bermain dalam persaingan pasar untuk penjualan
kendaraan roda dua. Berbagai macam strategi pemasaran guna meraih pasar dan untuk
menjadi market leader pada tiap segmenya dilakukan oleh seluruh kompetitor.
PT.Suzuki Indomobil Sales merupakan agen tunggal produsen motor Suzuki di
Indonesia. Dari data AISI diketahui Suzuki meraih posisi ke tiga dalam persainganya
untuk menjual kendaraan bermotor roda dua di Indonesia, namun pada dua tahun
terakhir mengalami penurunan penjualan, yang sebelumnya 6% dari total marketshare
yang ada menjadi 4% dari total marketshare.
Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan penjualan dan
juga value dari perusahaan tersebut. Dengan menggunakan metode SWOT dab ANP
dapat ditentukan suatu startegi dengan urutan tingkat prioritas, pada SWOT ditemukan
kriteria-kriteria apa saja yang mempengaruhi Suzuki ROJatim baik secara internal
maupun eksternal berdasarkan IE matriks diketahui bahwa Suzuki berada pada kuadran
II dengan hasil IFE sebesar 3,44 dan EFE sebesar 2,998 dimana hal ini menunjukan
bahwa Suzuki memerlukan jenis strategi tumbuh dan membangun. ANP dilakukan
pembobotan kriteria dan perangkingan untuk selanjutnya didapatkan prioritas strategi.
Dari hasil SWOT dan ANP dihasilkan lima strategi pilihan yaitu (1) Perusahaan
melakukan pengembangan produk sesuai dengan keinginan pasar (0.358907), (2)
Perusahaan melakukan perluasan jaringan purna jual (0.189934), (3) Perusahaan
meningkatkan kegiatan promosi (0.114935), (4) Perusahaan melakukan perluasan
pasar (0.071557), dan (5) Perusahaan meningkatkan keunggulan, performa dan harga
jual untuk meredam persaingan dengan kompetitor (0.030992). Dari Analisis
sensitivitas menghasilkan pada tiap kriteria yang dirubah terjadi perubahan prioritas
pada tiap strategi, namun strategi lima merupakan yang paling sering berubah tingkat
prioritasnya ketika dilakukan analisis sensitifitas.
===============================================================================================
Market competition two-wheeler automotive industry in Indonesia tight enough
where there are many companies that come into play in the competitive market for the
sale of two-wheeled vehicles. Various kinds of marketing strategies in order to gain
market share and to become the market leader in each segmenya done by all
competitors. PT Suzuki Indomobil Sales sole agent Suzuki motorcycle manufacturers
in Indonesia. Data from AISI known Suzuki won the third position in persainganya to
sell motorcycles in Indonesia, but in the last two years experienced a decline in sales,
which previously 6% of the total existing marketshare to 4% of the total marketshare.
Selection of appropriate marketing strategies to increase sales and also the value
of the company. By using the SWOT method ANP dab a strategy can be determined
by order of priority, the SWOT found any criteria that affect Suzuki ROJatim both
internally and externally is based on IE matrix known that Suzuki is in quadrant II with
IFE results was 3.44 and EFE amounted to 2.998 where it is shown that the Suzuki
require the type of strategy to grow and build. ANP weighted criteria and subsequently
obtained rank to strategic priorities. From the results of SWOT and ANP produced five
strategic choices of (1) the Company to develop products according to market demand
(0.358907), (2) the Company expanded sales network (0.189934), (3) the Company
increased promotional activity (0.114935), (4) the Company made market expansion
(0.071557), and (5) the Company excellence, performance and price to dampen
competition with competitors (0.030992). A sensitivity analysis of each criterion
resulted in a revamped change the priority of each strategy, but the five strategies are
the most frequently changed its priority level when performed sensitivity analysis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Neg p
Uncontrolled Keywords: SWOT, ANP, Pemasaran, Managemen Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:33
Last Modified: 27 Dec 2018 03:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48965

Actions (login required)

View Item View Item