Analisis Berbagai Faktor Penerimaan Teknologi Sales Force Automation (SFA) Pada Tenaga Pemasaran Perusahaan Asuransi PT. X Agensi Mrt Stars Dengan Metode Technology Acceptance Model

Rezananda, Aditya (2016) Analisis Berbagai Faktor Penerimaan Teknologi Sales Force Automation (SFA) Pada Tenaga Pemasaran Perusahaan Asuransi PT. X Agensi Mrt Stars Dengan Metode Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9112205411-Master Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, tenaga pemasaran yang sebelumnya hanya mengandalkan metode konfirmasi ke kantor untuk mengetahui hasil dari kinerja mereka diharapkan berubah menjadi lebih efektif dengan menggunakan fasilitas berupa Sales Force Automation (SFA). SFA yaitu sebuah sistem yang mengintegrasikan segala hal yang berhubungan dengan automasi penjualan baik barang maupun jasa. Namun dikarenakan tenaga pemasaran tidak semuanya memiliki latar belakang yang berhubungan dengan teknologi informasi, maka beberapa dari mereka mengalami kesulitan dalam penyesuaian ketika menggunakan SFA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan teknologi pada tenaga pemasaran perusahaan asuransi PT. X diukur melalui intensitas (perceived usefulnes) dan kemudahan (ease of use) para tenaga pemasaran dalam menggunakan sistem informasi Sales Force Automation (SFA). Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui berapa banyak jumlah tenaga pemasaran yang tidak memiliki pengetahuan penggunaan Sales Force Automation yang memadai serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket yang dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan metode statistik yang menggabungkan antara penerimaan teknologi dengan model persamaan terstruktur. Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) merupakan salah satu metode statistik yang penting dalam mencari hubungan antara penerimaan teknologi baru dengan faktor-faktor penting yang mempengaruhinya.TAM telah diaplikasikan untuk memodelkan berbagai aplikasi seperti, e-mail, voicemail, e-commerce application, groupware, word processor, dan database program. Melalui penelitian ini akan dianalisa faktor-faktor yang dominan dalam penggunaan SFA oleh tenaga pemasaran di PT X Life Assurance serta memberikan rekomendasi berupa saran yang efektif membangun tenaga pemasaran dalam mempermudah penggunaan SFA. =============================================================================================== As the development of technology, marketing power that previously only rely on the confirmation method to the office to find out the results of their performance are expected to become more effective with the use of facilities such as Sales Force Automation (SFA). SFA is a system that integrates all things related to the automation of sales of both goods and services. However, because salespeople do not all have backgrounds related to information technology, some of them have difficulty in adjusting when using SFA. This study aims to determine how technology acceptance at an insurance company marketing personnel PT. X is measured by the intensity of the (perceived usefulness) and simplicity (ease of use) of the sales force in using information system of the Sales Force Automation (SFA). The benefits of this research are to determine how many sales representatives who do not have knowledge of the use of Sales Force Automation adequate and the factors that influence it. The method used in this study is a questionnaire, followed by statistical analysis using the Technology Acceptance Model (TAM). TAM is a statistical method that combines technology with the receipt of the structured equation modeling. Using Technology Acceptance Model (TAM) is one of the statistical methods that are important in finding a relationship between the acceptance of new technology by important factors that influence it. TAM has been applied to model lots of application such as: e-mail, voicemail, e-commerce application, groupware, word processor, and database program. This study will analyze the dominant factors in the use of the SFA by marketing PT X Life Assurance in the form of advice and make recommendations to build effective sales force in facilitating the use of the SFA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 519.53 Rez a
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model; Sales Force Automation; TAM; SFA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:28
Last Modified: 27 Dec 2018 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48974

Actions (login required)

View Item View Item