Analisis Berbagai Faktor Penerimaan Teknologi Sales Force Automation (SFA) Pada Tenaga Pemasaran Perusahaan Asuransi PT. X Agensi Mrt Stars Dengan Metode Technology Acceptance Model

Rezananda, Aditya (2016) Analisis Berbagai Faktor Penerimaan Teknologi Sales Force Automation (SFA) Pada Tenaga Pemasaran Perusahaan Asuransi PT. X Agensi Mrt Stars Dengan Metode Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9112205411-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9112205411-Master Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, tenaga pemasaran yang sebelumnya
hanya mengandalkan metode konfirmasi ke kantor untuk mengetahui hasil dari
kinerja mereka diharapkan berubah menjadi lebih efektif dengan menggunakan
fasilitas berupa Sales Force Automation (SFA). SFA yaitu sebuah sistem yang
mengintegrasikan segala hal yang berhubungan dengan automasi penjualan baik
barang maupun jasa. Namun dikarenakan tenaga pemasaran tidak semuanya
memiliki latar belakang yang berhubungan dengan teknologi informasi, maka
beberapa dari mereka mengalami kesulitan dalam penyesuaian ketika
menggunakan SFA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
penerimaan teknologi pada tenaga pemasaran perusahaan asuransi PT. X diukur
melalui intensitas (perceived usefulnes) dan kemudahan (ease of use) para tenaga
pemasaran dalam menggunakan sistem informasi Sales Force Automation (SFA).
Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui berapa banyak jumlah tenaga
pemasaran yang tidak memiliki pengetahuan penggunaan Sales Force Automation
yang memadai serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket yang dilanjutkan dengan
analisis statistik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM).
TAM merupakan metode statistik yang menggabungkan antara penerimaan
teknologi dengan model persamaan terstruktur. Menggunakan Technology
Acceptance Model (TAM) merupakan salah satu metode statistik yang penting
dalam mencari hubungan antara penerimaan teknologi baru dengan faktor-faktor
penting yang mempengaruhinya.TAM telah diaplikasikan untuk memodelkan
berbagai aplikasi seperti, e-mail, voicemail, e-commerce application, groupware,
word processor, dan database program. Melalui penelitian ini akan dianalisa
faktor-faktor yang dominan dalam penggunaan SFA oleh tenaga pemasaran di PT
X Life Assurance serta memberikan rekomendasi berupa saran yang efektif
membangun tenaga pemasaran dalam mempermudah penggunaan SFA.
===============================================================================================
As the development of technology, marketing power that previously only rely on the
confirmation method to the office to find out the results of their performance are expected to become
more effective with the use of facilities such as Sales Force Automation (SFA). SFA is a system that
integrates all things related to the automation of sales of both goods and services. However, because
salespeople do not all have backgrounds related to information technology, some of them have
difficulty in adjusting when using SFA. This study aims to determine how technology acceptance at
an insurance company marketing personnel PT. X is measured by the intensity of the (perceived
usefulness) and simplicity (ease of use) of the sales force in using information system of the Sales
Force Automation (SFA). The benefits of this research are to determine how many sales
representatives who do not have knowledge of the use of Sales Force Automation adequate and the
factors that influence it. The method used in this study is a questionnaire, followed by statistical
analysis using the Technology Acceptance Model (TAM). TAM is a statistical method that combines
technology with the receipt of the structured equation modeling. Using Technology Acceptance
Model (TAM) is one of the statistical methods that are important in finding a relationship between
the acceptance of new technology by important factors that influence it. TAM has been applied to
model lots of application such as: e-mail, voicemail, e-commerce application, groupware, word
processor, and database program. This study will analyze the dominant factors in the use of the SFA
by marketing PT X Life Assurance in the form of advice and make recommendations to build
effective sales force in facilitating the use of the SFA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 519.53 Rez a
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model; Sales Force Automation; TAM; SFA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:28
Last Modified: 27 Dec 2018 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48974

Actions (login required)

View Item View Item