Analisis Multivariate Pada Fase Pertumbuhan Vegetatif Cabai Rawit (Capsicum frutescens) Dengan Menggunakan Pupuk Bokashi

Rachmawati, Lydia Eny (2003) Analisis Multivariate Pada Fase Pertumbuhan Vegetatif Cabai Rawit (Capsicum frutescens) Dengan Menggunakan Pupuk Bokashi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1399030055-Non Degree-Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

kebutuhan cabai rawit segar semakin hari semakin mcningkat mengingat manfaatnya yang cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan cabai rawit tersebut d1pcrlukan p.:mbud1dayaan 'ang ba1k terutama dalam hal pemupukan ba1k dalam dos1s pupuk maupun Jems pupuknya. Banyaknya sampah seresah daun dapat d1manfaatkan sebaga1 pupuk orgamk ~ a1tu s.:baga1 bahan dasar dari pembuatan pupuk bokashi karena pada daun mengandung :..:nyawa organik yang mudah tcrdegradasi atau terkomposl>l okh n11kroorgam~m.: Dalam pcncllllan 1111, akan ditcliti pcngaruh pupuk bokashi tcrhadap pertumbuhan tanaman caba. rawit dengan mcnggw1akan media tan am pa>lr ~ ang dicampur pupuk bokash1 dengan dos1s dan waktu peram pupuk yang bcrbcda. Dcngan dcm1J..1an 1ujuan yang ing1n d1capa1 dalam penclitian adalah ing,in mcngctahUI ada tidaknya pcngaruh dosis pupuk bokashi, waktu peram pupuk bokashi serta interaksi antaru dos1s pupuk dcngan waktu peram pupuk terhadap fase penumbuhan \Cgetallf tanaman caba1 raw11. Variabcl rcspon yang diukur dalam pcnel itian ini adalah tinggi tanaman dan luas daun dari 1anaman cabai rawit yang ditanam pada media tanam yang clicampur pupul.. dcngan dosis dan wal..tu reram yang berbeda. Selain itu, dalam penelitian ini juga mchbatkan 'anabel J..o\ariatc yaitu waktu pengamatan (minggu). Karena vanabcl rcspon yang diamati jumluhnya lcb ih dari I dan juga mclibatkan variabel kovariatc, maka anail~1~ ~atatishk yang digunakan adalah Afulfn•cmale AllcJ~\.<1.< vf Cm·urw11\ (MANACOVA). Bcrdasarkan analisis MANACOVA yang di lakukan, diperoleh hasil bahwa dosis pupul.. ~ang tcrdin dan 3 bel )allu 300 g, 600 g dan 900 g berpengaruh terhadap tingkat pcrtumbuhan cabai ra\\ it dan sctiap level dari dosis pupuk tcrscbut mcmbcrikan da ~ang bcrbcda Oli1hat dari nilai rata-rata tinggJ tanaman dan luas daun ~ang dihasill..an. maka dos1s pupul. bol.ash1 yang terbaik adalah 600 g. Waktu peram pupul.. )ang 11:rdm dari 3 lc\cl )Uilu I mmggu. 2 mmggu dan 3 minggu Juga bcrpcngaruh terhadap ungl..at penumbuhan cabai ra\\ 11 dan masing-masing level wal.:tu pemm pupuk tersebut mcmbcnkan efek )ang bcrbcda terhadap tinggi tanaman dan luas daun tanaman caba1 r.m 11 Nilai rata-rata ungg1 tanaman dan luas daun yang tertingg1 diha>llkan dan med1a tanam ~ ang m.:nggunakan pupuk bokasht yang dibuat d.:ngan wal.1u peram 1 mmggu. Sclam 1tu, mtcraks1 antara dosis pupuk dan wak1u peram pupuk Juga bc:rpengaruh terhadap tmgkat pertumbuhan tanaman cahat rawit terutama dalam hal 11ngg1 tanaman dan luas daunnya. Dilihat dan nda1 rata-rata tinggi tanaman dan luas daun yang dthasilkan. maka scbatknya medta tanam yang d1gunakan dJcampur pupuk boJ..ash1 dengan dos1s 600 g dan pupuk terscbut dibuat dcngan waktu peram 3 minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Rac a
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:43
Last Modified: 19 Oct 2017 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48989

Actions (login required)

View Item View Item