Perencanaan Ulang Sistem Parkir Kendaraan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya

Yuniardi, Doby (2005) Perencanaan Ulang Sistem Parkir Kendaraan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3100100016-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Peningkatan demand transportasi udara di J uanda harus diikuti dengan penyediaau fasilitas penunjang yang memadai. Salah sant fasilitas yang menunjang kelancaran lalu lintas udara di Bandar Udara luanda adalab laban parkir. Dari basil pengamatan kondisi eksisting yaitu pada hari Jum'at tanggal 17 Desember 2004 selama 18,5 jam diketahui demand pada jam puncak adalah 843 kendaraan dengan durasi ratarata 49 menit. Sedangkan kapasitas statis laban parkir Juanda kurang lebih adalab sekitar 614 SRP dengan konfigurasi utama membentuk sudut 45• diperoleh sebanyak 410 SRP, parkir menyudut 90• terdapat 94 SRP kedua pola parkir tersebut terletak pad a off street parking. Sedangkan untuk parkir paralel terdapat 110 SRP pola parkir tersebut terletak pada on street parking. Serta laban valet parkir yang mempunyai kapasitas statis sekitar 45 SRP. Tugas Akhir ini menganalisa kondisi eksisting, demand saat ini (843 kendaraau) telah melebihi kapasitas statis yang tersedia (614 SRP). Dari kondisi tersebut dilakukan perencanaan ulang laban parkir di Juanda untuk mengurangi masalah yang terjadi. Setelah didapatkan alternatif yang memberikan kapasitas statis terbesar, selanjutnya dila.kukan a.nalisa karakteristik parkir dan probabilitas penolakaan parkir pada tahun rencana (tahun 2007) berdasarkan peramalan demand berdasarkan pergerakan penumpang dan pesawat. Dari basil perencanaan ulang lay out lahan parkir Jua.nda diperoleh kapasitas statis sebesar 843 SRP dengan konfigurasi utama membentuk sudut 90' diperoleh sebanyak 733 SRP (off street parking) untuk parkir paralel 110 SRP (on street parking). Dari alternatif tersebut laban parkir Juauda diharapkan mampu menyediakan kapasitas dinamis sebesar 17187 kendaraan dengan durasi rata-rata 49 menit. Perencanaan ula.ng laban parkir J uanda dilakukan terhadap peramalan demand pergerakan penumpang dan pcsawat sampai tahun 2007. Dari peramalan pergerakan penumpang pada tahun rencana diperoleh demand parkir sebesar I 0465 kendaraanlhari dan 987 kcndaraan pad a saat periode puncak. Sedangkan dari peramalan pergerakan pesawat pada tahun rencana diperoleh demand parkir sebesar 14104 kendaraanlbari dan 1330 kendaraan pada saat periode puncak. Selanjutnya dari basil demand parkir pada saat jam puncak dianalisa besamya probabilitas penolakaan kcndaraa.n. Dengan tingkat kedatangan 987 kendaraan/jam serta 1330 kendaraan/jam diperoleb probabilitas peoolakaan 15,14% dan 36,75% (durasi rata-rata I jam), 57% dan 68% (durasi rata-rata 2 jam), 72% dan 79% (durasi rata-rata 3 jam), 78% dan 84% (durasi rata-rata 4 jam), 83% dan 87% (durasi rata-rata 5 Jam), 86% dan 89"/o (durasi rata-rata 6 jam). Demikian seterusnya apabila tingkat kedatangannya benambab maka probabilitas penolakan yang terjadi akan semakin bcsar sehingga peluang bagi kendaraan untuk memperoleh ruang parlcir akan semakin kecit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.538 Yun p
Uncontrolled Keywords: Perencanaan park1r, probabllilas penolakaan, Bandar Udara Juanda
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:45
Last Modified: 30 Oct 2017 01:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49048

Actions (login required)

View Item View Item