Analisa Kinerja Dengan Metode Nilai Hasil Pada Proyek Ruko Genteng Kabupaten Banyuwangi

Sugiharto, Agus (2004) Analisa Kinerja Dengan Metode Nilai Hasil Pada Proyek Ruko Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3100109623 - Undergraduate - Theses.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Lokasi dan kondisi kabupatcn Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa merupakan suatu permasalahan yang bisa muncul, apalagi kurangnya fasilitas alat berat sebagai media untuk mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sangatlah dibututlkan sekali Ocngan mcnggunakan tenaga manusia yang banyak dan murah merupakan salah satu pemecahan persoalan tersebut. Namun akankah penggunaan tenaga manusia yang banyak tersebut bisa menjamin kinerja dari pelaksanaannya di lapangan tanpa mengurangi mutu dan sesuai dengan target yang diinginkan. Mengingat kondisi yang ada sangat mungkin terjadi kemunduran jadual dan kerugian biaya. Untuk mengatasi peermasalahan tersebut perlu adanya anatisa kinerja pelaksanaan proyek. Oalam menganalisa kinerja pelaksanaan proyek yang sedang berjalan dapat dilihat dari hubungan antara tiga variabel data yakni: BCWS, BC\!lP dan ACWP. Adapun cara pendekatan pelaksanaan yang bisa dipakai untuk menaksir jadual dan biaya pelaksanaan pada setiap item pekerjaan adalah dengan penentuan indeks pelaksanaan. Ada dua parameter yang kami gunakan antara lain, SPl (Schedule Performance Index) dan CPI (Cost Performance Index). Setelah dilakukan kontrol setiap minggu selama 3 bulan menunjukkan indeks pelaksanaan yang bervariatif Sampai akhir pengamatan menunjukkan CPI = 1,63 dan SPI = 0,87. Dengan demikian sampai akhir pengamatan, proyek mengalami kcterlambatan jadual namun dari segi biaya mengalami keuntungan. Berdasarkan kedua indeks tersebut dapat diperkirakan bahwa proyek mengalami kemunduran selama 53 minggu dari 46 minggu rencana semula, serta perkiraan biaya total sampai akhir proyek sebesar Rp 3,723,005,675.71

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 Sug a
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 30 Nov 2017 04:38
Last Modified: 30 Nov 2017 04:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49129

Actions (login required)

View Item View Item