Pemilihan Peralatan Berat Yang Efisien Terhadap Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Surabaya

Widianto, Hanny (2005) Pemilihan Peralatan Berat Yang Efisien Terhadap Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3101109617 - Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemilihan pcralatan yang cfisicn merupakan faJ..ior penting dalam suatu proyek. Peralatan yang efisien disini maksudnya peralatan yang menghasilkan produksi tinggi tetapi dengan menggunakan biaya yang rendah sehingga didapat keuntungan serta ketepatan waktu penyelesaian maksimal. Pada proyek pembangunan Gedung Fakultas Hukum Universi tas Surabaya ini dicoba dua altematif penggunaan alat berat yang sesuai dengan kondisi proyek tc rsebut yaitu Tower Crane dan gabungan Material Lift dan Concrete Pump. Untuk mendapatkan peralatan berat yang efisien digunakan dengan cara melakukan perhitungan terhadap waktu dan biaya masing-masing altematif pengunaan alat berat yang ditinjau. Dalam menghitung waktu pelaksanaan langkah yang dttempuh adalah menghitung dan menentukan : beban ke!ja alat ( volume pekerjaan ), kapasitas dan produktivnas dari peralatan yang digunakan dan dari perhltungan tersebut dapat ditentukan waktu pelaksanaan. Sedangkan dalam menentukan biaya pelaksanaan. yang diperhitungkan adalah btaya sewa alat, biaya mobilisasi dan demobilisasi. biaya bongkar pasang dan gaJi operator. Berdasarkan hasil perhitungan pengt,:unaan tower crane membutuhkan waktu 139,16 jam dengan biaya pelaksanaan Rp. 132.298.000,-. Sedangkan untuk penggunaa:1 Material Lift dan Concrete Pump membutuhkan waktu 220,23 jam dengan bta~ a pelaksanaan Rp. 63.665.000,-. Berdasarkan perhitungan di atas maka alat bcrat Matenal Lift dan Concrete Pump mempunyai biaya yang efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 681.76 Wid p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:27
Last Modified: 17 Jan 2018 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49460

Actions (login required)

View Item View Item