Analisis Kelompok Terhadap Motivasi Agen Asuransi Pada Performansi Kerja Dl AJB Bumiputera 1912 Surabaya

Wijayanti, Wasis (2000) Analisis Kelompok Terhadap Motivasi Agen Asuransi Pada Performansi Kerja Dl AJB Bumiputera 1912 Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1395100004-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Agen asuransi adalah ujung tombak pemasaran produk pada perusahaan. Agar agen asuransi dapat berperformansi yang tinggi, ia harus mempunyai kemampuan yang baik, dan motivasi yang tinggi. Agar motivasi tetap teJjaga, pihak manajemen harus merancang iklim motivasi dengan memberikan teknik-teknik motivasi yang diperlukan kepada agen asuransi. Untuk itu manajer harus memahami karal..1eristik dari agen asuransi dan mengetahui respon mereka terhadap teknik-t.eknik motivasi yang diberikan. Agen yang jumlahnya cukup besar mempunyai kebutuhan yang heterogen, sehingga perlu dilakukan pengelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kemiripan kebutuhannya. Untuk itu penclitian ini dilal---ukan dengan memakai 1---uisioner dari teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow. Metode pemecahan masalah yang digunakan terdiri dari: analisis kelompok, pemeriksaan dan peogujian data multivariate normal, pengujian perbedaan vektor ratarata, anal isis diskriminan, anal isis desl.:riptif dan analisis tabulasi silang. Dari hasil pengolahan data didapat 5 kelompok agen asuransi yang tiap kelompok mempunyai komposisi kebutuhan (kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan martabat dan kebutuhan aktualisasi) berbeda-beda. Karak1eristik agen secara umum adalah lama bekerja sebagian besar antara 5 - 10 tahun sekitar 43,2%, pendidikan terakhir sebagian besar SMA sekitar 65,4%, umur sebagian besar > 40 tahun seki tar 54,3%, jenis kelamin 70,4% adalah perempuan, status perkawinan sebagian besar sudah menikah sekitar 82,7%, hasil penjualan sebagian besar 69,1% adalah < Rp. 500 juta. Penilaian agcn asuransi terhadap teknik-teknik motivasi yang telah dan akan dilakukan perusahaan sebagian besar menyatakan bemilai (penting) dan sangat bernilai (sangat penting) untuk dilakukan. Untuk menciptakan iklim motivasi yang baik maka pihak perusahaan harus melakukan tel.:nik-teknik motivasi yang sesuai dengan kebutuhan agen tiap kelompok dan melakukan teknik-teknik motivasi yang telah dilakukan perusahaan yang mempunyai hubungan dalam meningkatkan hasil penjualan diantaranya: program pengiklanan yang ditujukan pada konsumen, penghargaan terhadap hasil penjulan yang istimewa dengan pemberian hadiah, publikasi atau bentuk lain, pemberian komisi progresif(prosentasenya meningkat bila volume penjualan meningkat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Wij a
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:27
Last Modified: 19 Jan 2018 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49468

Actions (login required)

View Item View Item