Wijayanti, Wasis (2000) Analisis Kelompok Terhadap Motivasi Agen Asuransi Pada Performansi Kerja Dl AJB Bumiputera 1912 Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1395100004-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Agen asuransi adalah ujung tombak pemasaran produk pada perusahaan. Agar
agen asuransi dapat berperformansi yang tinggi, ia harus mempunyai kemampuan yang
baik, dan motivasi yang tinggi. Agar motivasi tetap teJjaga, pihak manajemen harus
merancang iklim motivasi dengan memberikan teknik-teknik motivasi yang diperlukan
kepada agen asuransi. Untuk itu manajer harus memahami karal..1eristik dari agen
asuransi dan mengetahui respon mereka terhadap teknik-t.eknik motivasi yang diberikan.
Agen yang jumlahnya cukup besar mempunyai kebutuhan yang heterogen, sehingga
perlu dilakukan pengelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kemiripan
kebutuhannya. Untuk itu penclitian ini dilal---ukan dengan memakai 1---uisioner dari teori
Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow.
Metode pemecahan masalah yang digunakan terdiri dari: analisis kelompok,
pemeriksaan dan peogujian data multivariate normal, pengujian perbedaan vektor ratarata,
anal isis diskriminan, anal isis desl.:riptif dan analisis tabulasi silang.
Dari hasil pengolahan data didapat 5 kelompok agen asuransi yang tiap kelompok
mempunyai komposisi kebutuhan (kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan
sosial, kebutuhan martabat dan kebutuhan aktualisasi) berbeda-beda. Karak1eristik agen
secara umum adalah lama bekerja sebagian besar antara 5 - 10 tahun sekitar 43,2%,
pendidikan terakhir sebagian besar SMA sekitar 65,4%, umur sebagian besar > 40 tahun
seki tar 54,3%, jenis kelamin 70,4% adalah perempuan, status perkawinan sebagian besar
sudah menikah sekitar 82,7%, hasil penjualan sebagian besar 69,1% adalah < Rp. 500
juta. Penilaian agcn asuransi terhadap teknik-teknik motivasi yang telah dan akan
dilakukan perusahaan sebagian besar menyatakan bemilai (penting) dan sangat bernilai
(sangat penting) untuk dilakukan. Untuk menciptakan iklim motivasi yang baik maka
pihak perusahaan harus melakukan tel.:nik-teknik motivasi yang sesuai dengan kebutuhan
agen tiap kelompok dan melakukan teknik-teknik motivasi yang telah dilakukan
perusahaan yang mempunyai hubungan dalam meningkatkan hasil penjualan diantaranya:
program pengiklanan yang ditujukan pada konsumen, penghargaan terhadap hasil
penjulan yang istimewa dengan pemberian hadiah, publikasi atau bentuk lain, pemberian
komisi progresif(prosentasenya meningkat bila volume penjualan meningkat).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.53 Wij a |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 02:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 02:27 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/49468 |
Actions (login required)
View Item |