Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Dalam Penggunaan Layanan. Studi Kasus: GO-PAY.

Huwaydi, Yasir (2017) Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Dalam Penggunaan Layanan. Studi Kasus: GO-PAY. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
09111440000034-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Financial technology atau fintech merupakan inovasi dibidang finansial yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan finansial dan memudahkan perusahaan dalam memberikan pelayanan keuangannya. GO-PAY adalah salah satu fintech di Indonesia yang merupakan layanan mobile payment yang terdapat pada platform GO-JEK. GO-PAY disediakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi proses transaksi yang dilakukan dalam GO-JEK. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan untuk menggunakan layanan GO-PAY dengan menerapkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Terdapat 4 variabel independen dan 1 variabel independen dalam UTAUT. Variabel dependenya adalah performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating condition. Sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah behavior intention atau niat menggunakan GO-PAY. Desain penelitian ini menggunakan konklusif deskriptif multiple cross-sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience, yang kemudian data akan diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Survei disebar melalui dua cara yaitu offline dan online. Hasil olah Structural Equation Modeling dalam penelitian ini menunjukan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition berpengaruh positif terhadap keinginan menggunakan GO-PAY atau behavior intention. Performance expectancy merupakan faktor yang paling dominan diantara faktor lainnya. Ini menunjukan GO-PAY digunakan karena orang-orang percaya menggunakan GO-PAY dapat memudahkan, mempercepat, serta efisien dalam transaksi. Tidak hanya transaksi pada GO-RIDE, namun juga transaksi yang melibatkan produk-produk lain yang ditawarkan oleh GO-JEK ================================================================================================ Financial technology or fintech is an innovation in the financial sector to make the user’s financial activity easier and make the company easier to delivering it’s services. GO-PAY is one of mobile payment fintech in Indonesia that included in GO-JEK platform. GO-PAY is provided to give an easy and convenience transaction’s process in the GO-JEK. This research aims to identified factors that influence the intention in adopting GO-PAY using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). There are 4 independent variables and 1 dependent variable in the UTAUT model. The dependent variable are performance expectancy, effort expectancy, social influence and facilitating condition. The dependent variable is behavior intention or the intention to use GO-PAY. This research design use conclusive descriptive multiple cross-sectional and for the sample use convenience technic, then the data will be analyze using structural equation modeling (SEM). Survey conducted via offline and online in Surabaya. The structural equation modeling indicates that performance expectation, effort expectancy, social influence, facilitating condition have positive influence against behavior intention. Performance expectation is the most dominant among the others. It shows that GO-PAY is being used because people believe that using GO-PAY will make the transaction easier, faster, and efficient. Not only for GO-Ride product, but to all transaction that involve GO-JEK’s products.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.834 2 Huw a-1 3100018074382
Uncontrolled Keywords: Fintech, GO-PAY, Mobile payment, UTAUT, SEM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yasir Huwaydi
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:54
Last Modified: 23 Jun 2020 04:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49626

Actions (login required)

View Item View Item