Darari, Muhammad Alvin (2018) Analisis Metadata Yang Diperlukan E-Commerce Pada Pakaian Wanita Untuk Mempermudah Data Entry Berbasis Klasifikasi Standart Industrial Code NO. 233. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5213100143-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Industri garmen/mode online merupakan bidang yang memiliki pertumbuhan sangat tinggi hingga triple digit. Namun hal ini belum di ikuti dengan penelitian terkait metadata apa yang paling sesuai untuk dapat mendukung pertumbuhan di masa sekarang dan masa depan. Hal ini tentu menyulitkan perusahaan dalam mengambil keputusan terutama dalam hal fitur. Mengingat implementasi metadata merupakan hal yang sangat kompleks, karena pertumbuhan repositori sumber daya yang luar biasa dan pengembangan berbagai standar metadata yang berbeda. Tidak realistis untuk bergantung pada pendekatan metadata tradisional yang dihasilkan oleh manusia, dikarenakan banyaknya sumber daya digital yang memerlukan metadata.
Faktor yang menjadikan penelitian metadata ini menjadi penting adalah karena metadata telah terbukti mampu meningkatkan pengalaman pengguna lebih baik. Sebagai contoh adalah saat sebuah tautan dibagikan ke media social sehingga menghasilkan cuplikan karya secara otomatis. Hal ini dapat terjadi karena sebuah gambar besar ditarik bersamaan dengan judul dan deskripsi singkat dari halaman yang dibagikan. Ini adalah hasil langsung dari metadata yang tepat atau "tag" yang ditambahkan di kode sumber halaman web. Oleh karena itu, pemilihan skema metadata yang tepat guna merupakan faktor krusial dalam meningkatkan daya saing perusahaan mode online.
Penelitian ini bersifat eksploratori dengan melakukan analisa dari penelitian yang sudah ada serta artikel yang ditulis oleh profesional. Adapun kriteria metadata yang akan dipilih haruslah mudah untuk di implementasikan dalam menunjang perubahan yang sangat cepat terjadi pada industri mode. Jika penerapannya rumit akan menyulitkan pengguna organisasi/perusahaan dalam berkembang. Kriteria lainnya, fungsionalitas metadata harus mampu mendukung pengembangan industri E-Commerce garmen menjadi lebih baik serta memiliki lingkungan aplikasi yang berkembang lebih baik untuk menjamin keberlangsungan di masa mendatang.
Hasil penelitian ini adalah untuk merekomendasikan skema metadata dan pedoman pelaksanaan yang dianggap paling sesuai dengan harapan penggunaan metadata yang tepat guna dapat mendukung industri mode online berkembang lebih pesat, meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi metadata untuk sumber daya digital dan mampu mendukung peta jalan penelitian selanjutnya.
========================================================================================================
Online fashion garment/fashion industry is one of the most prominent
growth up to triple digit. However, this is not followed by research that focus on the most appropriate
metadata to support growth for now and tomorrow. This
certainly makes it difficult for companies in making decisions, especially in terms of features. Given the process of metadata is a very complex thing that causes by
the remarkable growth of the repository of resources
and the development of different metadata standards. It is unrealistic to depend on the traditional metadata approach generated by humans, because of the
abundance of digital resources that require metadata. The factor that makes this metadata research important is
because metadata has proven to improve the user experience better. An example is a link that is shared to social media so as to generate a snapshot of the work automatically. This can happen because of a large image with the title and a short description of the page being shared. This is a direct result of the exact metadata or "tags" that are added in the web page
source code. Therefore, the selection of appropriate metadata schemes is a crucial factor in improving the competitiveness of online fashion companies. This research is exploratory based by conducting an analysis of
existing research and articles written by professionals. The Metadata criteria to be selected it
supposed to be easy to implement in support of the very rapid changes happening in the fashion industry. If the implementation is complicated, it will be difficult for
users of organizations / companies to flourish.
Another criterion, metadata functionality should be able to support the development of the garment e-Commerce industry to be better and have a better developed application environment to ensure the sustainability in the future. The result of this research is
to recommended metadata scheme and implementation guidelines
that are deemed to best suit the expectations of appropriate metadata usage in order to support the rapidly growing online fashion industry, increase the efficiency and effectiveness of metadata production for digital
resources and capable of supporting further research roadmap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 005.74 Dar a-1 3100018074428 |
Uncontrolled Keywords: | Metadata; Fashion Industry; E-Commerce |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z666.7 Metadata. |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Alvin Darari |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 03:39 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 08:40 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/49785 |
Actions (login required)
View Item |