Implementasi Algoritma Hunt-and-Kill untuk Perancangan Puzzle pada Game Plant the Future

Thamrin, Syauki Aulia (2018) Implementasi Algoritma Hunt-and-Kill untuk Perancangan Puzzle pada Game Plant the Future. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5114100083-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi membuat banyak perubahan terutama dalam perkembangan game atau aplikasi permainan. Pengalaman bermain mulai berubah dari sesuatu yang statis menjadi dinamis, contohnya dalam penyusunan maze atau puzzle dalam aplikasi permainan. Cukup banyak algoritma yang dapat digunakan untuk menyusun puzzle dan membuatnya dinamis, namun puzzle sendiri memiliki aturan yang unik untuk masing-masingnya. Sehingga penerapan penyusunan puzzle perlu disesuaikan dengan gameplay atau aturan permainan yang ada pada game. Pada penelitian ini penulis menawarkan sebuah cara penggunaan algoritma penyusunan maze yang dapat digunakan dan disesuaikan agar dapat menghasilkan puzzle yang berubah-ubah dan dapat diselesaikan. ‘Plant the Future’ merupakan game puzzle yang dirancang untuk smartphone berbasis Android. Game ini memiliki stage dengan susunan puzzle yang mirip dengan maze sederhana dengan aturan permainan yang cukup unik, yaitu dengan adanya dua puzzle pada setiap stage. Puzzle yang ada bervariasi dimensinya mulai dari 4x4 hingga 11x11. Dalam permainan ini pergerakan pemain sangat bergantung pada susunan puzzle untuk mendapatkan poin agar dapat memenangkan permainan. Oleh karena itu diperlukan sebuah cara agar susunan puzzle dapat dimenangkan. Untuk penyusunan puzzle maka digunakan algoritma Hunt-and-Kill agar dapat menghasilkan susunan puzzle yang bukan hanya dinamis, namun juga dapat diselesaikan. Uji coba dilakukan dengan memainkan 30 stage dengan susunan puzzle yang dirancang menggunakan algoritma Hunt-and-Kill. Setiap stage diuji coba masih-masing sebanyak lima kali dimainkan. Setelah diuji coba maka diamati apakah susunan puzzle stage yang dihasilkan oleh algoritma Hunt-and-Kill dapat diselesaikan atau tidak. Pada hasilnya, algoritma Hunt-and-Kill dapat menyusun puzzle pada 30 stage game ‘Plant the Future’ dengan baik. Puzzle yang dirancang dengan dimensi bervariasi dari 4x4 sampai 11x11 dapat diselesaikan dan dimenangkan, sehingga algoritma ini dapat dikatakan cocok dengan aturan permainan game ‘Plant the Future’. ============ Technological advances make many changes especially in the development of games or game applications. Play experience starts to change from something static to dynamic, for example in the preparation of mazes or puzzles in game applications. Quite a lot of algorithms can be used to construct puzzles and make them dynamic, but the puzzles themselves have unique rules for each. So the application of puzzle preparation needs to be adjusted with the gameplay or game rules that exist in the game. In this study the authors offer a way of using maze compilation algorithms that can be used and customized in order to produce puzzles that change and can be solved. 'Plant the Future' is a puzzle game designed for Android-based smartphones. This game has a stage with a puzzle arrangement similar to a simple maze with a game rules that are quite unique. Puzzles vary in dimensions ranging from 4x4 to 11x11. In this game the movement of players is very dependent on the order of the puzzle to get points. Therefore we need a way to make the puzzle arrangement can be won. To arrange a puzzle, Hunt-and-Kill algorithm is used in order to generate an array of puzzles that are not only dynamic but also resolvable. Trials are performed by playing 30 stages with a puzzle arrangement designed using the Hunt-and-Kill algorithm. Each stage is tested each stage five times played. Once tested, it is observed whether the order of puzzle stages generated by the Hunt-and-Kill algorithm can be solved or not. In the result, the Hunt-and-Kill algorithm can construct the puzzle on 30 stage 'Plant the Future' games well. Puzzles designed with dimensions varying from 4x4 to 11x11 can be completed and won, so the algorithm can be said to match the game rules of 'Plant the Future' game.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hunt-and-Kill; maze; puzzle
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Syauki Aulia Thamrin
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:56
Last Modified: 23 Jan 2018 07:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50089

Actions (login required)

View Item View Item