Analisis Alternatif Hull Form Self-Propelled Barge Untuk Meningkatkan Performa Hidrodinamika

Dhana, Febriani Rohma (2018) Analisis Alternatif Hull Form Self-Propelled Barge Untuk Meningkatkan Performa Hidrodinamika. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4116203009_Master Thesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self-Propelled Urea Barge (SPUB) Pusri Indoensia I milik PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang merupakan tipe kapal yang memiliki karakteristik lambung gemuk dan sarat rendah. Kapal ini telah sukses beroperasi dengan performa hirodinamika yang cukup baik. Namun performa ini masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara mengembangkan bentuk lambungnya. Faktor utama yang memiliki pengaruh besar terhadap performa kapal khususnya besarnya hambatan adalah bentuk lambung kapal (hull form), terutama bentuk haluan kapal. Oleh karena itu pada Tesis ini dilakukan studi pengembangan bentuk lambung SPB menjadi bentuk X-bow dan Axe-bow untuk menurunkan hambatan dan memperbaiki kulaitas seakeeping kapal. Analisis hambatan dan seakeeping dilakukan dengan metode CFD. Dari hasil analisis hambatan total dari hasil modifikasi bentuk lambung X-bow dan Axe-bow didapatkan hasil bentuk lambung X-bow dapat menurunkan hambatan total kapal sebesar 4.78% dari bentuk lambung asli atau sekitar 8.91 kN, sedangkan bentuk lambung Axe-bow sebesar 6.22% dari hambatan total kapal asli atau sekitar 12.01 kN. Dari sisi seakeeping didapatkan hasil bahwa bentuk lambung Axe-bow memiliki nilai maksimum heave dan pitch lebih kecil dari bentuk lambung asli. Sementara bentuk lambung X-bow nilai maksimumnya justru lebih besar . Jadi dari segi hambatan dan seakeeping bentuk lambung Axe-bow memiliki performa paling baik dari bentuk lambung asli dan X-bow. ================================================================================== Self-Propelled Urea Barge (SPUB) Pusri Indoensia I owned by PT. Pusri Pupuk Sriwidjaja Palembang is a kind of ship which has characteristics of full-bodied hull and shallow draft. This ship is successfully operated with good enough hydrodynamic performance. However this performace still need an improvement by develop her hull form. The main factor that affect the ship performance particularly ship resistance is ship hull form, especially the bow form. Therefore in this Thesis is conducted the study of hull form improvement of self propelled barge into shape of X-bow and Axe-bow to reduce the total resistance and improve the seakeeping performace. Analysis of resistance and seakeeping conducted using CFD method. From the resistance analysis by modified the hull form into X-bow can reduce the resistance about 4.78% or 8.91 kN and Axe-bow hull form about 6.22% or 12.01 kN. From the seakeeping analysis obtained results of maximum heave and pitch of Axebow hull form less than existiting hull form and X-bow hull form greater than existiting hull form instead. So, from this study in the resistance and seakeeping aspect Axe-bow hull form has best performance than existing and X-bow hull form.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Self-Propelled Barge, Hull Form,X-bow, Axe-bow, CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S2) Master Theses
Depositing User: Febriani Rohma Dhana
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:11
Last Modified: 19 Apr 2018 05:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50407

Actions (login required)

View Item View Item