Pengembangan Hidro Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (Hmersa)Dan Implementasinya Pada Kendaraan Angkutan Barang

Mahardika, Shultoni (2018) Pengembangan Hidro Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (Hmersa)Dan Implementasinya Pada Kendaraan Angkutan Barang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2115205002-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem suspensi merupakan merupakan bagian penting dari kendaraan. Salah satu fungsi sistem suspensi yaitu meredam getaran akibat profil jalan yang tidak rata. Perancangan sistem suspensi yang tepat, mempengaruhi atau menentukan tingkat kenyamanan sebuah kendaraan. Pada suspensi terdapat 2 komponen utama, yaitu peredam getaran (shock absorber) dan pegas. Fungsi pegas pada sistem suspensi adalah untuk menyerap kejut dari permukaa jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke body kendaraan. Sedangkan fungsi peredam adalah meredam osilasi naik turun yang diakibatkan oleh pegas, alat ini biasa dinamakan shock absorber. Dalam penelitian ini dibahas tentang pengembangan shock absorber konventional menjadi HIDRO MAGNETO ELECTRIC REGENERATIVE SHOCK ABSORBER (HMERSA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni simulasi dan eksperimen. Simulasi dilakukan untuk melihat secara matematis, apakah parameter yang nantinya dibuat sebagai part HMERSA sudah sesuai dengan kebutuhan inputan yang diperlukan motor hidrolik dan generator untuk menghasilkan energi listrik. Sedangkan eksperimen digunakan untuk melihat seberapa besar respon energi bangkitan HMERSA saat diaplikasikan pada kendaraan angkutan barang. Eksperimen dilakukan pada sistem shock absorber bagian belakang kendaraan angkutan barang berjenis pick-up. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yakni, pada hasil simulasi half-car sistem HMERSA dengan input sinusoidal, daya bangkitan terbesar berada pada beda fase 0° yakni sebesar 91,94 watt. Sedangkan pada implementasi sistem HMERSA di kendaraan angkut, diperoleh karakteristik, daya bangkitan akan semakin besar jika kecepatan kendaraan bertambah saat melewati bumps. =============================================================================================== The suspension system is an important part of the vehicle. One function of the suspension system is to reduce vibration due to uneven road profiles. The design of the appropriate suspension system, affect or determine the comfort level of a vehicle. In the suspension there are 2 main components, namely shock absorbers (shock absorber) and springs. The function of spring in the suspension system is to absorb shock from the surface of the road and vibration of the wheels so as not to be passed to the vehicle body. While the damping function is to reduce the oscillation up and down caused by the spring, this tool is called shock absorber. In this study discussed about the development of conventional shock absorber into HIDRO MAGNETO ELECTRIC REGENERATIVE SHOCK ABSORBER (HMERSA). The method used in this research is simulation and experiment. The simulation is done to see mathematically, whether the parameters that will be made as part HMERSA is in accordance with the needs of the required input hydraulic motor and generator to generate electrical energy. While the experiment is used to see how big the response of HMERSA generation energy when applied to the freight vehicle. The experiments were conducted on the shock absorber system of the rear of the pickup vehicle. The results obtained in this study that is, on the simulation result of half-car HMERSA system with sinusoidal input, the largest power generation is at 0 ° phase difference of 91.94 watt. While in the implementation of HMERSA system in transport vehicles, characterized, the power generation will be greater if the vehicle speed increases as it passes bumps.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Suspensi, Regenerative Suspensi, Gaya Redaman, Hidro Magneto, HMERSA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Shultoni Mahardika
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:19
Last Modified: 09 May 2018 06:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50411

Actions (login required)

View Item View Item