Rancang Bangun Realitas Virtual Taman Makhluk Purba pada Perangkat Bergerak Berbasis Android

Ramadhan, Soca Gumilar (2018) Rancang Bangun Realitas Virtual Taman Makhluk Purba pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5112100161-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tayangan dan permainan horor saat ini termasuk sebuah genre yang banyak disukai orang, namun hampir semua tayangan atau permainan dengan genre horor selalu berkaitan dengan tema hantu. Terdapat faktor-faktor yang menjadi daya tarik tayangan horor, dengan mengimplementasikan faktor-faktor tersebut, diharapkan aplikasi yang dikembangkan tidak kalah menarik dan menyeramkan meskipun dengan tema yang berbeda. Pada tugas akhir ini aplikasi yang dibuat berupa realitas virtual taman makhluk purba dengan mengimplementasikan faktor-faktor yang menjadi daya tarik tayangan horor yang dicantumkan pada paper berjudul Understanding the Popular Appeal of Horror Cinema: An Integrated-Interactive Model oleh Dr. Glenn D. Walters yaitu ketegangan, relevansi, dan ketidaknyataan. Aplikasi realitas virtual ini dapat digunakan pada perangkat bergerak dengan sistem operasi android menggunakan Google Cardboard. Aplikasi dibangun menggunakan game engine Unity 2017.1.1f1 (64-bit) dan Android SDK 25.0.3. Tugas akhir ini menggunakan skenario uji coba dengan metode pengambilan kuesioner dari pemain. Pemain adalah sepuluh orang yang dipilih secara acak. Hasil yang didapatkan berdasarkan kuesioner menunjukkan bahwa, implementasi faktor ketegangan, relevansi dan ketidaknyataan dalam skenario pada aplikasi berhasil memberikan rasa takut, karena rekapitulasi data dari kuesioner menunjukkan di atas 75% dari seluruh pertanyaan tentang rasa takut dijawab setuju oleh penguji. ================= Horror is one of the most intriguing genre on the market nowadays, both shows and games, but almost all of it always contain ghost elements in it. Actually there are some factors that become appeal of it. With the implementation of the factors, the developed application expected to become as fearsome and itriguing as the other with different theme though. The developed application in this final project is a virtual reality with ancient creature themed game, and implemented the factors from Understanding the Popular Appeal of Horror Cinema: An Integrated-Interactive Model oleh Dr. Glenn D. Walters titled paper, that are tension, relevance and unrealism. This virtual reality game can be played on android mobile device utilizing Google Cardboard. The game developed under Unity 2017.1.1f1 (64-bit) as a game engine and Android SDK 25.0.3. Testing scenario in this final project is using questionnaire method from the player itself. Fifteen players were picked randomly to test the game and then aswer the questionnaire. The result based on questionnaire show that the implementation of the tension, relevance and unrealism factors in application’s scenario managed to give fear, because the questionnaire data summary indicating that the answers of all questions about fear is agreed by the testers over 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Android; Dinosaurus; Perangkat Bergerak; Psikologi; Realitas Virtual; Virtual reality; dinosaur; psychology; android; mobile devices
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA76.585 Cloud computing. Mobile computing.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6570_iPhone (Smartphone). RFID
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Soca Gumilar Ramadhan
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:35
Last Modified: 23 Apr 2018 01:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50982

Actions (login required)

View Item View Item