Analisa Teknis dan Ekonomis Pembangunan Galangan Kapal Pengangkut LNG Ukuran Kecil (Small Scale LNG Carrier) untuk Perairan Indonesia

Andrian, Rizain (2018) Analisa Teknis dan Ekonomis Pembangunan Galangan Kapal Pengangkut LNG Ukuran Kecil (Small Scale LNG Carrier) untuk Perairan Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100082-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4113100082-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lautan luas dan perairan yang menghubungkan setiap pulaunya. Pada beberapa pulau yang jauh dari pusat pertumbuhan ekonomi masih kesulitan mendapatkan sarana listrik karena lokasi tersebut tidak terhubung dengan jaringan listrik utama. Pemerintah melalui program 35.000 MW berencana membangun pembangkit listrik di beberapa daerah tersebut dan menggunakan LNG sebagai bahan bakarnya. Small Scale LNG Carrier menjadi solusi yang paling tepat untuk mendistribusikan LNG ke lokasi tujuan baik secara teknis maupun ekonomis. Selain karena faktor ukuran LNG Carrier yang tidak cocok untuk kondisi geografis Indonesia, penggunaan pipa gas tidak feasible untuk dibangun pada lokasi yang dituju. Dengan banyaknya pasar untuk penggunaan LNG sebagai bahan bakar pembangkit listrik, dibutuhkan kapal dengan jumlah yang cukup banyak untuk membantu distribusinya. Saat ini, di Indonesia belum ada galangan kapal yang dapat memproduksi Small Scale LNG Carrier. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisa teknis dan ekonomis pembangunan galangan kapal Small Scale LNG Carrier di Indonesia dengan memperhitungkan aspek pasar, standar pembangunan kapal, dan kelayakan investasi untuk proyek tersebut. Hasil dari analisa kelayakan investasi adalah diperlukan biaya sekitar 341 miliar rupiah untuk pembangunan galangan kapal Small Scale LNG Carrier dan perkiraan Payback Period pada tahun ke-9 bulan ke-1,5 dengan nilai Net Present Value (NPV) sebesar 82,3 miliar rupiah, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 13,41% lebih besar dari bunga bank yang telah ditetapkan, yaitu 11%. Sehingga investasi untuk pembangunan galangan kapal Small Scale LNG Carrier layak dilakukan.

=========================================================================================================

Indonesia is an archipelago country with vast oceans and waterways that connecting every island. Some islands that far away from the center of economic growth is still difficult to get electricity due off-grid locations. The government through the 35.000 MW program plans to build power plants in some areas and use LNG as its fuel. Small Scale LNG Carrier becomes the most appropriate solution to distribute LNG to the destination location both technically and economically. In addition to the LNG Carrier size factor which is not suitable for Indonesia geographical conditions, the use of gas pipelines is not feasible to be built at the intended location. With so many markets for LNG use as fuel for power plants, it takes a large amount of ship to help with the distribution. Currently, in Indonesia there is no shipyard that can produce Small Scale LNG Carrier. Therefore, its neccesary to carry out technical and economic analysis of the development of the Small Scale LNG Carrier shipyard in Indonesia by taking into account the market aspect, shipbuilding standard, and investment feasibility for the project. The result of the investment feasibility analysis is required cost about 341 billion rupiah for the development of Small Scale LNG Carrier shipyard and Payback Period on 9th year of the 1,5 month with the value of Net Present Value (NPV) 82,3 miliar rupiah, Internal Rate of Return (IRR) is 13,41% greater than the interest loans, which is 11%. These results show that the investment for the development of Small Scale LNG Carrier shipyard is feasible.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 338.476 238 3 And a
Uncontrolled Keywords: LNG, Small Scale LNG Carrier, shipyard, Indonesia, power plant, investment feasibility
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizain Andrian
Date Deposited: 09 May 2018 02:13
Last Modified: 20 Jul 2020 07:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51032

Actions (login required)

View Item View Item