Analisa Biaya, Waktu Dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Diaphragma Dengan Sistem Beton Pracetak Dan Cor Setempat (Studi Kasus Proyek Jalan Under Way Tanah Abang Jakarta)

Taufik, Mohamad. H (2002) Analisa Biaya, Waktu Dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Diaphragma Dengan Sistem Beton Pracetak Dan Cor Setempat (Studi Kasus Proyek Jalan Under Way Tanah Abang Jakarta). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3198109503-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mengingar volume lalu-lintas yang sang<ll padat semng dengan pertumbuhan kegiatan pcrckonomian yang pesat di Jakarta, maka dipcrlukan sarana dan prasarana yang baik. Sehingga muncul ~uatu ide untuk membangun sarana dan prasarana dibawah tanah Pcr~cmbangan ilmu dan tcknologi mcanpcrkcnalkan b.:ntuk-bentuk kons\ruksi, metode kerJa guna mencapa1 hasil pekerjaan yang opuma! dcngan memperhatikan fungsi dari dindmg diaphragma dan rm;mpcrtimbangkan scgi biaya, waktu dan kcmudahan pelaksanaan pekcrjaan tcrscbut Tugas akhir ini membahas perbandmgan m.:todc pelaksanaan dinding diaphra~:.rma sistem beton Pracetak dengan sistem Cor Sctcmpat. mular tahap pckcrjaan persrapaan sampai tahap penyelesaian pembuatan d1nding drapluagma. Pad:rpeTaksanaan dinding draphra1,rn1a sistem pracctak untuk pek~rjaan pcnggalian dan pengecoran tidak dibedakan amara primary dan S\!COndMy dan udak ada rcmasangan CWS yang seperti yang dilakukan pada sistcm cor setempat. llnl tcrscbut menyebabkan waktu pclaksanaan ~istem pracetak lebih ccpal dibandingkan dengan sistem cor selempat. Pada kondisi lahan pekerjaan yang ~cmpi t , metodc pelaksanaan konstruksi dinding diaphragma sistcm pracetak lebih mudah ditcrapkan d1bandingkan sistem cor setempat, karena panel pracetak dipesan dari pabrih. dan udal.. mcmbutuhkan lahan pcmbuatan serta penyimpanan yang luas. Hal lain yang drbahas secara khusus adalah pcrbandrngan analisa biaya dan waktu pclaksanaan dmding diaphragma srstcm pracetak dcngan srstem cor setempat. Dari ha~rl analisa, maka drdapatkan bahwa ststcm pracetak membutuhkan waktu pclahanaan selama 60 hari dengan biaya sebcsar Rp. 1.856.276.4 10,00, sedangkan sistem cor set~mpat membutuhkan waktu pelaksanaan selama 85 hari dengan biaya sebesar Rp. 1.505 983 255.00. Setelah di lakukan evaluasi yang menyeluruh dcngan metode matriks maka basil yang didapat yaitu sistcm cor setempat Jeb ih layak digunakan untuk pembuatan dinding diaphragma pada proyek Under Way Tanah Abang .'akarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 Tau a
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:59
Last Modified: 20 Feb 2018 06:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51303

Actions (login required)

View Item View Item