Analisis Loyalitas Konsumen Dan Positioning Produk Pelumas Enduro 4t

Tofanie, Iqhma (2016) Analisis Loyalitas Konsumen Dan Positioning Produk Pelumas Enduro 4t. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312030052-Non Degree.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri Pelumas berkembang dengan pesat, terutama setelah pemerintah membuka peluang bagi pihak lain di luar Pertamina untuk mendistribusikan produknya di Indonesia. Sehingga muncul berbagai minyak pelumas di pasaran dari yang diolah di Indonesia maupun yang diimpor dari luar negeri. Jika pada 2005-2006 hanya terdapat puluhan merek oli, kini pasar dibanjiri hampir lebih dari 200 merek oli. Ada yang buatan lokal bahkan tidak sedikit yang diimpor. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT.Pertamina (Persero) menjadi pemasok terbesar pelumas kendaraan roda empat dan roda dua. Dengan adanya kejadian ini akan dilakukan suatu riset yang bertujuan untuk mengetahui loyalitas konsumen dan positioning oli pelumas milik PT.Pertamina di mata konsumen. Salah satu metode untuk mengetahui posisi atribut dari suatu merek adalah analisis biplot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk pelumas dianggap cukup bagus dilihat berdasarkan analisis kesenjangan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu warna pelumas yang cepat gelap selama pemakaian dan informasi mengenai merek produk pelumas yang perlu disebarluaskan. Hasil analisis loyalitas diperoleh bahwa konsumen pelumas sangat loyal terhadap merek pelumas yang digunakan. Hal tersebut dapat diketahui dari tingkatan loyalitas yang sangat bagus. Dari analisis biplot diperoleh bahwa pelumas merek Enduro unggul terhadap hampir semua atribut pelumas dibandingkan dengan merek pelumas lainnya. ==================================================================================================== Lubricant industry is growing rapidly, especially after the government opened up opportunities for other parties outside Pertamina to distribute its products in Indonesia. So there is a variety of lubricating oil on the market from being processed in Indonesia and imported from foreign. If in 2005-2006 only are there dozens of brands of oil, the market is now flooded with nearly more than 200 brands of oil. There are locally made even some imported. PT.Pertamina (Persero) became the largest supplier of lubricants four-wheeled vehicles and two-wheel The research aims to determine customer loyalty and positioning lubricating oil by consumers belonging. The results showed that the level of customer satisfaction lubricant products are considered quite good and consumers are very loyal to the brand lubricants used. Biplot analysis showed that Enduro excellent almost to all attributes of lubricants then other lubricants brand

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.536 Tof a
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesenjangan, Biplot, Enduro, Loyalitas, Pelumas, Positioning
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:18
Last Modified: 27 Dec 2018 07:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51374

Actions (login required)

View Item View Item