Tofanie, Iqhma (2016) Analisis Loyalitas Konsumen Dan Positioning Produk Pelumas Enduro 4t. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1312030052-Non Degree.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Industri Pelumas berkembang dengan pesat, terutama setelah
pemerintah membuka peluang bagi pihak lain di luar Pertamina untuk
mendistribusikan produknya di Indonesia. Sehingga muncul berbagai
minyak pelumas di pasaran dari yang diolah di Indonesia maupun yang
diimpor dari luar negeri. Jika pada 2005-2006 hanya terdapat puluhan
merek oli, kini pasar dibanjiri hampir lebih dari 200 merek oli. Ada yang
buatan lokal bahkan tidak sedikit yang diimpor. Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) PT.Pertamina (Persero) menjadi pemasok terbesar pelumas
kendaraan roda empat dan roda dua. Dengan adanya kejadian ini akan
dilakukan suatu riset yang bertujuan untuk mengetahui loyalitas konsumen
dan positioning oli pelumas milik PT.Pertamina di mata konsumen. Salah
satu metode untuk mengetahui posisi atribut dari suatu merek adalah
analisis biplot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan
konsumen terhadap produk pelumas dianggap cukup bagus dilihat
berdasarkan analisis kesenjangan, namun ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan yaitu warna pelumas yang cepat gelap selama pemakaian dan
informasi mengenai merek produk pelumas yang perlu disebarluaskan.
Hasil analisis loyalitas diperoleh bahwa konsumen pelumas sangat loyal
terhadap merek pelumas yang digunakan. Hal tersebut dapat diketahui dari
tingkatan loyalitas yang sangat bagus. Dari analisis biplot diperoleh bahwa
pelumas merek Enduro unggul terhadap hampir semua atribut pelumas
dibandingkan dengan merek pelumas lainnya.
====================================================================================================
Lubricant industry is growing rapidly, especially after the
government opened up opportunities for other parties outside Pertamina to
distribute its products in Indonesia. So there is a variety of lubricating oil
on the market from being processed in Indonesia and imported from
foreign. If in 2005-2006 only are there dozens of brands of oil, the market
is now flooded with nearly more than 200 brands of oil. There are locally
made even some imported. PT.Pertamina (Persero) became the largest
supplier of lubricants four-wheeled vehicles and two-wheel The research
aims to determine customer loyalty and positioning lubricating oil by
consumers belonging. The results showed that the level of customer
satisfaction lubricant products are considered quite good and consumers
are very loyal to the brand lubricants used. Biplot analysis showed that
Enduro excellent almost to all attributes of lubricants then other lubricants
brand
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.536 Tof a |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesenjangan, Biplot, Enduro, Loyalitas, Pelumas, Positioning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 04:18 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 07:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51374 |
Actions (login required)
View Item |