Analisa Availability Sistim Bahan Bakar pada Kapal Caraka Jaya Niaga III-6 Dengan Menggunakan Metode Simulasi

Purnomo, Rakhmat Edy (2004) Analisa Availability Sistim Bahan Bakar pada Kapal Caraka Jaya Niaga III-6 Dengan Menggunakan Metode Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4299109502-Undergraduate -Thesis.pdf]
Preview
Text
4299109502-Undergraduate -Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

A•·atlabtlll\' atau tmgkat ketersediaan merupakan ukuran performasi suaru
sisrim. Nilai ino ditenrukan oleh fungsi Reliabiftry. Mamranabtluy. dan
Supportabilttl . Adapun fungsa-fungsa diatas dibentuk dari data waktu kegagalan
komponen SISIIIn TIF ( Ttme to Fatlure ) dan data waktu perbaikan komponen
Tl R ( lu11e to l?epatr ). Sejumlab data TIF dan TIR komponen tersebut akan
membentuk suaru fungsi disrribusi tenentu menjadi fungsi-fungst diatas. Dengan
metode s•mulasi rnaka klla b1sa mernperolcb fungsi distribusi gabungan sisrim untuk
menganalisa tingkat ketersediaan ( avmlahility) sistim dan analisa lebih lanJUI.
Simulasi dilakukan dcngan membcntuk signal uptime dan downtime dari
suatu random generate sesuai disttibusi TIF dan TTR yang telah kita peroleh
sebelwnnya. Kcmudian signal ini digabungkan sehingga didapatkan signal uptime
dan down tim~ sistim. Ylaka dari data hasil simulasi diatas bisa kita menemukan
distribusi gabungan sistim.
Uji sensitivitas dilakukan terhadap nilai TIF simulasi availability. sebingga
membentuk distribusi sistim yang baru. Maka dengan membandingkan hasil uji
scusitiiitas kita dapat mengidentitikas• komponen kritis sistim. Sedangkan jika hasil
uji sensitifitas dilanjutkan ke analisa biaya, maka kita bisa menentukan nilai biaya
optimasi sist1m.
Hasil yang diperoleh dan n1gas akbir iru :
Distribusi kegagalan sistim bahan bakar kapal caraka Jaya Niaga lll-6 adalab
meng!.lmll d1stnbusi Weibull-3 dengan nilai P = 0.7278. T] = 15112.58. dan
y = - 133.66 Distnbus1 model perawatannya mengikun distribus1 exponensial
dcngan mlai A = 0.0092. rata-rata waktu kegagalan system/ MTfF - 18326 hrs. ratarata
\\aktu pcrbmJ..an iMTTR S}Stem adalah 109 hrs. dan tingkat ketersediaan ststem
adalah 0.994. Dan tugas akhir mi juga didapatkan pula komponen kritis sistim adalah
pompa bahan bakar ( F0-02 dan F0-03 ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.004 52 Pur a
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:44
Last Modified: 27 Feb 2018 08:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51387

Actions (login required)

View Item View Item