Analisa Availability Sistim Bahan Bakar pada Kapal Caraka Jaya Niaga III-6 Dengan Menggunakan Metode Simulasi

Purnomo, Rakhmat Edy (2004) Analisa Availability Sistim Bahan Bakar pada Kapal Caraka Jaya Niaga III-6 Dengan Menggunakan Metode Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4299109502-Undergraduate -Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

A•·atlabtlll\' atau tmgkat ketersediaan merupakan ukuran performasi suaru sisrim. Nilai ino ditenrukan oleh fungsi Reliabiftry. Mamranabtluy. dan Supportabilttl . Adapun fungsa-fungsa diatas dibentuk dari data waktu kegagalan komponen SISIIIn TIF ( Ttme to Fatlure ) dan data waktu perbaikan komponen Tl R ( lu11e to l?epatr ). Sejumlab data TIF dan TIR komponen tersebut akan membentuk suaru fungsi disrribusi tenentu menjadi fungsi-fungst diatas. Dengan metode s•mulasi rnaka klla b1sa mernperolcb fungsi distribusi gabungan sisrim untuk menganalisa tingkat ketersediaan ( avmlahility) sistim dan analisa lebih lanJUI. Simulasi dilakukan dcngan membcntuk signal uptime dan downtime dari suatu random generate sesuai disttibusi TIF dan TTR yang telah kita peroleh sebelwnnya. Kcmudian signal ini digabungkan sehingga didapatkan signal uptime dan down tim~ sistim. Ylaka dari data hasil simulasi diatas bisa kita menemukan distribusi gabungan sistim. Uji sensitivitas dilakukan terhadap nilai TIF simulasi availability. sebingga membentuk distribusi sistim yang baru. Maka dengan membandingkan hasil uji scusitiiitas kita dapat mengidentitikas• komponen kritis sistim. Sedangkan jika hasil uji sensitifitas dilanjutkan ke analisa biaya, maka kita bisa menentukan nilai biaya optimasi sist1m. Hasil yang diperoleh dan n1gas akbir iru : Distribusi kegagalan sistim bahan bakar kapal caraka Jaya Niaga lll-6 adalab meng!.lmll d1stnbusi Weibull-3 dengan nilai P = 0.7278. T] = 15112.58. dan y = - 133.66 Distnbus1 model perawatannya mengikun distribus1 exponensial dcngan mlai A = 0.0092. rata-rata waktu kegagalan system/ MTfF - 18326 hrs. ratarata \\aktu pcrbmJ..an iMTTR S}Stem adalah 109 hrs. dan tingkat ketersediaan ststem adalah 0.994. Dan tugas akhir mi juga didapatkan pula komponen kritis sistim adalah pompa bahan bakar ( F0-02 dan F0-03 ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.004 52 Pur a
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:44
Last Modified: 27 Feb 2018 08:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51387

Actions (login required)

View Item View Item