Pemodelan Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jawa Timur Menggunakan Metode Geographically Weighted Regression

Dewi, Putu Laksmita Ari (2016) Pemodelan Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jawa Timur Menggunakan Metode Geographically Weighted Regression. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312100058-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Provinsi Jawa Timur menempati urutan pertama sebagai provinsi yang mengalami kecelakaan lalu lintas paling banyak di Indonesia pada tahun 2011, 2012, 2013. Berdasarkan fakta dan penelitian terdahulu, diketahui bahwa kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh faktor yang bervariasi di setiap daerah, sehingga digunakan pemodelan menggunakan metode Geographically Weighted Regression. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur adalah kepadatan penduduk, persentase usia remaja, persentase kecelakaan terjadi di kawasan jalan kabupaten/kota, persentase pendidikan terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP, rasio jenis kelamin dan persentase kecelakaan terjadi pada waktu gelap. Berdasarkan hasil analisis, data telah memenuhi asumsi heterogenitas spasial pada pengujian Breusch Pagan dengan P-value sebesar 0,009 dan terdapat dependensi spasial berdasarkan uji Moran’s I dengan p-value sebesar 0,03. Fungsi pembobot yang digunakan pada penelitian ini adalah fungsi pembobot Fixed Bisquare dengan bandwidth sebesar 1,67. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dependensi spasial pada pengamatan. Terjadi peningkatan nilai R2 menjadi 52,80 persen pada model GWR dan penurunan nilai SSE menjadi 14,22. Sehingga, pada kasus ini model GWR lebih baik dalam memodelkan dibanding model OLS. Faktor kepadatan penduduk dan persentase pendidikan terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP menjadi faktor yang paling signifikan mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen. ================================================================================================== Jawa Timur Province consistence to hold the title as the most traffic accident in Indonesia at 2011 to 2013. According to the fact and previously research, traffic accident influenced by different factor in every region, so this report using Geographically Weighted Regression method to prove that. Factors that used in this report are population density, percentage of teenager, percentage of traffic accident that happen at district/city street, percentage of the last educational level of doer is above SMP, sex ratio and percentage of traffic accident happen in the dark. Acording to the analysis, there is spatial heterogenity and spatial dependence in the data. Weight function that use in this analysis is fixed bisquare with bandwidth 1,67. There is enhancement of R2 become 52,80 percent and the value of SSE become 14,22 or decreaseing. So, in this case, GWR model is better than OLS model. Population density and percentage of the last educational level of doer is above SMP being the significance factors that affect traffic accident in Jawa Timur with 5 percent significance level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Dew p
Uncontrolled Keywords: Dependensi Spasial, Heterogenitas Spasial, GWR, R2, SSE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 Feb 2018 04:43
Last Modified: 26 Dec 2018 07:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51395

Actions (login required)

View Item View Item