Dewi, Putu Laksmita Ari (2016) Pemodelan Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jawa Timur Menggunakan Metode Geographically Weighted Regression. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1312100058-Undergradute Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Provinsi Jawa Timur menempati urutan pertama sebagai provinsi yang
mengalami kecelakaan lalu lintas paling banyak di Indonesia pada tahun 2011,
2012, 2013. Berdasarkan fakta dan penelitian terdahulu, diketahui bahwa
kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh faktor yang bervariasi di setiap daerah,
sehingga digunakan pemodelan menggunakan metode Geographically Weighted
Regression. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di
Jawa Timur adalah kepadatan penduduk, persentase usia remaja, persentase
kecelakaan terjadi di kawasan jalan kabupaten/kota, persentase pendidikan
terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP, rasio jenis kelamin dan persentase
kecelakaan terjadi pada waktu gelap. Berdasarkan hasil analisis, data telah
memenuhi asumsi heterogenitas spasial pada pengujian Breusch Pagan dengan
P-value sebesar 0,009 dan terdapat dependensi spasial berdasarkan uji Moran’s I
dengan p-value sebesar 0,03. Fungsi pembobot yang digunakan pada penelitian
ini adalah fungsi pembobot Fixed Bisquare dengan bandwidth sebesar 1,67.
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dependensi spasial pada
pengamatan. Terjadi peningkatan nilai R2 menjadi 52,80 persen pada model
GWR dan penurunan nilai SSE menjadi 14,22. Sehingga, pada kasus ini model
GWR lebih baik dalam memodelkan dibanding model OLS. Faktor kepadatan
penduduk dan persentase pendidikan terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP
menjadi faktor yang paling signifikan mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di
Jawa Timur dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen.
==================================================================================================
Jawa Timur Province consistence to hold the title as the most traffic accident in
Indonesia at 2011 to 2013. According to the fact and previously research, traffic
accident influenced by different factor in every region, so this report using
Geographically Weighted Regression method to prove that. Factors that used in
this report are population density, percentage of teenager, percentage of traffic
accident that happen at district/city street, percentage of the last educational
level of doer is above SMP, sex ratio and percentage of traffic accident happen
in the dark. Acording to the analysis, there is spatial heterogenity and spatial
dependence in the data. Weight function that use in this analysis is fixed
bisquare with bandwidth 1,67. There is enhancement of R2 become 52,80
percent and the value of SSE become 14,22 or decreaseing. So, in this case,
GWR model is better than OLS model. Population density and percentage of the
last educational level of doer is above SMP being the significance factors that
affect traffic accident in Jawa Timur with 5 percent significance level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.536 Dew p |
Uncontrolled Keywords: | Dependensi Spasial, Heterogenitas Spasial, GWR, R2, SSE |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 04:43 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 07:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51395 |
Actions (login required)
View Item |