Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning Di Universitas Muhammadiyah Surabaya Menggunakan Modified Technology Acceptance Model

Bachtiar, Adam (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning Di Universitas Muhammadiyah Surabaya Menggunakan Modified Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9112205309-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi tingkat penerimaan teknologi e-learning di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) dengan menggunakan Techology Acceptance Model TAM sebagai dasar model penelitian. Digunakan Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisis penerimaan teknologi e-learning dengan memanfaatkan AMOS sebagai alat analisisnya. Jumlah responden adalah sebanyak 100 responden, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan sembilan dari empat belas hipotesis ditolak atau tidak signifikan dan, mayoritas hipotesis yang ditolak adalah variabel asli TAM. Hasil ini menandakan bahwa tingkat penerimaan terhadap aplikasi e-learning di Univeritas Muhammadiyah Surabaya rendah. Dari hasil diketahui bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap motivasi pengguna dan persepsi kemudahan. Kepercayaan diri menggunakan internet (KDMI) berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan persepsi kemudahan. Persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Sikap kearah Penggunaan. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Persepsi kegunaan. ====================================================================================================== This study aims to identify any factors that significantly affect the level of acceptance of e-learning at the University of Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) using techology Acceptance Model TAM as a basic research model. Used Structural Equation Model (SEM) to analyze the acceptance of elearning technology by utilizing AMOS as a tool of analysis. The number of respondents was 100 respondents, consisting of faculty and students at the University of Muhammadiyah Surabaya. The findings in this study showed nine of the fourteen hypothesis is rejected or not significant and, the majority of rejected hypotheses is the original variable TAM. This result indicates that the level of acceptance of the application of e-learning at the University of Muhammadiyah Surabaya low. From the results it is known that training significantly influence user motivation and perceived ease. Confidence to use the internet (KDMI) significantly affects the motivation and perceived ease. Perceived ease significant effect on attitudes towards use. Motivation significant effect on the perception of usefulness.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 519.535 Bac a
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Modeling (SEM), AMOS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:04
Last Modified: 24 Aug 2018 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51667

Actions (login required)

View Item View Item