Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning Di Universitas Muhammadiyah Surabaya Menggunakan Modified Technology Acceptance Model

Bachtiar, Adam (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning Di Universitas Muhammadiyah Surabaya Menggunakan Modified Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9112205309-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9112205309-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang
signifikan mempengaruhi tingkat penerimaan teknologi e-learning di Universitas
Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) dengan menggunakan Techology
Acceptance Model TAM sebagai dasar model penelitian. Digunakan Structural
Equation Model (SEM) untuk menganalisis penerimaan teknologi e-learning
dengan memanfaatkan AMOS sebagai alat analisisnya. Jumlah responden adalah
sebanyak 100 responden, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Surabaya. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan sembilan
dari empat belas hipotesis ditolak atau tidak signifikan dan, mayoritas hipotesis
yang ditolak adalah variabel asli TAM. Hasil ini menandakan bahwa tingkat
penerimaan terhadap aplikasi e-learning di Univeritas Muhammadiyah Surabaya
rendah. Dari hasil diketahui bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap
motivasi pengguna dan persepsi kemudahan. Kepercayaan diri menggunakan
internet (KDMI) berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan persepsi
kemudahan. Persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Sikap kearah
Penggunaan. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Persepsi kegunaan.
======================================================================================================
This study aims to identify any factors that significantly affect the level of
acceptance of e-learning at the University of Muhammadiyah Surabaya
(UMSurabaya) using techology Acceptance Model TAM as a basic research
model. Used Structural Equation Model (SEM) to analyze the acceptance of elearning
technology by utilizing AMOS as a tool of analysis. The number of
respondents was 100 respondents, consisting of faculty and students at the
University of Muhammadiyah Surabaya. The findings in this study showed nine
of the fourteen hypothesis is rejected or not significant and, the majority of
rejected hypotheses is the original variable TAM. This result indicates that the
level of acceptance of the application of e-learning at the University of
Muhammadiyah Surabaya low. From the results it is known that training
significantly influence user motivation and perceived ease. Confidence to use the
internet (KDMI) significantly affects the motivation and perceived ease.
Perceived ease significant effect on attitudes towards use. Motivation significant
effect on the perception of usefulness.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 519.535 Bac a
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Modeling (SEM), AMOS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:04
Last Modified: 24 Aug 2018 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51667

Actions (login required)

View Item View Item