Rancang Bangun Sistem Pelacakan Otomatis Dan Penguncian Sasaran Pada Pertahanan Statis Berbasis Pengolah Citra

Prasetyawan, Dani (2015) Rancang Bangun Sistem Pelacakan Otomatis Dan Penguncian Sasaran Pada Pertahanan Statis Berbasis Pengolah Citra. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
221110001-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Sistem pelacakan otomatis dan penguncian sasaran merupakan sebuah sistem senjata yang diotomasi. Sistem tersebut bekerja dengan melacak dan mengunci sasaran secara otomatis terhadap target yang telah dipilih terlebih dahulu. Sistem ini dapat menggantikan peran manusia pada suatu pertahanan titik. Sistem seperti ini yang ada sebelumnya menggunakan teknologi radar dan opto-electrical. Teknologi tersebut rentan jamming dan memiliki tingkat kesusahan yang tinggi serta biaya pengadaan yang mahal sehingga digunakanlah sistem serupa dengan basis penginderaan visual menggunakan kamera. Kamera diletakkan pada sistem ini bertujuan untuk proses pengambilan data visual. Dari data visual tersebut dipilih target untuk diproses. Kemudian data yang didapat diproses oleh processing unit dengan tujuan untuk dapat melacak sasaran dan mengunci sasaran yang telah dipilih. Berikutnya operator dapat mengambil keputusan apakah sasaran perlu ditembak atau dibiarkan. Hasil dari pengujian yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah sistem dapat melacak sasaran berupa manusia dengan sasaran dapat berupa sasaran bergerak maupun sasaran diam yang dapat ditentukan operator. Lama waktu pelacakan dapat melebihi 40detik untuk sasaran bergerak. Untuk error penguncian sasaran adalah 10% dari lebar total frame image baik untuk sumbu tinggi maupun lebar. Selain itu rata-rata akurasi penembakan yang didapat dari pengujian penembakan dengan jarak dan ketinggian sasaran yang bervariasi adalah 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.367 Pra r
Uncontrolled Keywords: Kamera, penginderaan visual, processing unit
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:09
Last Modified: 24 Aug 2018 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51681

Actions (login required)

View Item View Item