Kamil, Achmad (2018) Modifikasi Struktur Jembatan Tanjangrono Mojokerto dengan Menggunakan Rangka Baja Profil Box Baja. Other thesis, InstitutTeknologiSepuluhNopember.
Preview |
Text
03111040000096-Undergraduate_Theses.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pada perencanaan jembatan pelengkung baja dalam proposal tugas akhir ini dijelaskan perihal uraian proses perencanaan jembatan busur khususnya yang menggunakan rangka sebagai pemikul utamanya. Pada proses pendahuluan, diawali dengan penjelasan mengenai latar belakang pemilihan tipe jembatan, perumusan permasalahannya, tujuan perencanaan, hingga batasan masalah dari dibangunnya jembatan tersebut. Kemudian, dijelaskan perihal dasar-dasar perencanaan dengan pedoman yang digunakan yaitu BMS 1992 dan AISC-LRFD serta berbagai peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional mengenai jembatan seperti RSNI T-02-2005, RSNI T-03-2005, SNI 03-2833-2013. Dari data yang ada, direncanakan 1 segmen busur dengan panjang 120 m. Kemudian dilakukan preliminary design dengan menentukan dimensi – dimensi jembatannya. Tahap awal perencanaan adalah perencanaan bangunan atas yang terdiri dari lantai kendaraan dan trotoar, gelagar memanjang dan gelagar melintang, kemudian konstruksi pemikul utama. Analisa dengan menggunakan program SAP 2000 dilakukan setelah dketahui beban – beban yang bekerja pada konstruksi tersebut untuk mendapatkan gaya – gaya dalam yang bekerja, khususnya untuk konstruksi pemikul utama dan konstruksi sekundernya. Setelah gaya – gaya tersebut diketahui besarnya maka dilakukan perhitungan kontrol tegangan dan perhitungan sambungan. Untuk penampang rangkanya menggunakan elemen pipa baja dikarenakan bentuknya yang memiliki nilai arsitektural yang lebih. Selanjutnya, dilakukan perencanaan perletakan, bangunan bawah dan pondasi. Untuk perletakan jembatan menggunakan Elastomeric Bearing Pad. Sedangkan bangunan bawah menggunakan pilar untuk meneruskan beban dari bangunan atas ke tanah pondasi yang menggunakan tiang bore pile sebagai pendukung konstruksinya.
===============================================================================================================================
In the planning of steel arch bridge in this final task proposal described about the description of the process of planning the arch bridge, especially using the frame as the main bearer. In the preliminary process, it begins with an explanation of the background of bridge type selection, the formulation of the problem, the purpose of planning, to the limits of the problem from the construction of the bridge. Subsequently, it was explained about the basics of planning with the guidelines used, namely BMS 1992 and AISC-LRFD and various regulations issued by the National Standards Board on bridges such as RSNI T-02-2005, RSNI T-03-2005, SNI 03-2833- 2013. From the existing data, 1 arc segment is planned with a length of 120 m. Preliminary design is then done by determining the dimensions of the bridge. The initial stage of planning is the top building planning consisting of floor vehicles and sidewalks, elongated girder and transverse girders, then main bearings construction. The analysis using the SAP 2000 program is performed after dketahui loads that work on the construction to obtain inner forces that work, especially for the main bearer construction and secondary construction. After the forces are known magnitude then performed the calculation of voltage control and connection calculations. For cross-section of the frame using steel pipe elements because of its shape that has more architectural value. Furthermore, the planning of the placement, bottom building and foundation. For bridge placement use Elastomeric Bearing Pad. While the lower building uses a pillar to continue the load from the upper building to the foundation ground using a bore pile as a supporter of its construction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rangka Baja, Jembatan Busur, Box Baja |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Kamil Achmad |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:21 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51986 |
Actions (login required)
View Item |