Rahadian, Bram (2018) Pengukuran Dampak Penerapan Facebook Dan Instagram Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Indobayi.Com Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211440000111-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Di era digital yang semakin berkembang pesat terhadap penggunaan media sosial. Banyak UKM yang menggunakan media sosial sebagai media penawaran produk dan jasa yang dijual. UKM memanfaatkan media sosial untuk meluaskan brandawareness dan peningkatan penjualan. Salah satu UKM yang menggunakan media sosial adalah UKM Indobayi.com. Indobayi.com memanfaatkan media sosial untuk menjual produk perlengkapan bayi dan mendapat tanggapan positif dari orang – orang. Indobayi.com merambah hampir semua media sosial untuk lebih banyak orang yang menngenal. Tetapi lambat tahun terdapat permasalahan – permasalahan yang muncul, contohnya Indobayi.com tidak mengetahui seberapa pengaruh dari penerapan media sosial pada Indobayi.com.
Metode Action Research digunakan pada pengukuran dampak penerapan media sosial karena metode AR menggabungkan perancangan untuk dipraktikkan langsung kepada study case Indobayi.com. Action Research memiliki beberapa tahapan yaitu Diagnosa, Action Planning, Action Taking, Evaluation, Reflection and Learning. Diagnosa melakukan kondisi internal dan eksternal, tujuan pemasaran hingga ouput dan target yang ingin dicapai. Action Planning melakukan pembuatan rancangan berdasarkan informasi dan studi literature. kemudian dilakukan Action Taking pada Indobayi.com dengan membuat beberapa kali kampanye selama 1,5 bulan dibeberapa media sosial dan dipetakkan menurut buku Chaffey Reach, Act dan Convert. Setelah itu Evaluation melakukan evaluasi dari hasil intervensi dengan menganalisis dari insight setiap media sosial dan tanggapan owner Indobayi.com. Reflection and Learning melakukan evaluasi dan pembelajaran kesimpulan yang akan menjawab apakah rancangan penerapan facebook dan instagram tersebut dapat meningkatkan penjualan dengan baik atau tidak.
Hasil akhir dari tugas akhir ini dari action research yang diimplementasikan dapat mengetahui facebook dan instagram yang paling berpengaruh terhadap Indobayi.com. Dengan adanya rancangan yang sesuai dengan kebutuhan diharapkan dapat membantu Indobayi.com dalam meningkatkan penjualan. ============= In the rapidly growing digital age against the use of social media. Many SMEs use social media as a medium for offering products and services sold. SMEs utilize social media to expand brandawareness and increase sales. One of the SMEs that use social media is SME Indobayi.com. Indobayi.com takes advantage of social media to sell baby products and get positive feedback from people. Indobayi.com penetrated almost all social media for more and more people. But slow year there are problems - problems that arise, for example Indobayi.com do not know how the influence of the application of social media on Indobayi.com.
Action Research method is used in measuring the impact of social media application because AR method combines design to be practiced directly to Indobayi.com study case. Action Research has several stages of Diagnosis, Action Planning, Action Taking, Evaluation, Reflection and Learning. Diagnose to conduct internal and external conditions, marketing objectives to ouput and targets to be achieved. Action Planning performs the design based on information and literature studies. then Action Taking on Indobayi.com by making several campaigns for 1.5 months in some social media and placed according to Chaffey Reach, Act and Convert book. Evaluation then evaluates the results of the intervention by analyzing the insight of each social media and the responses of Indobayi.com owner. Reflection and Learning conducts evaluation and learning conclusions that will answer whether the design of the application of facebook and instagram can increase sales well or not.
The final result of this final assignment of action research that can be implemented to know facebook and instagram most influential against Indobayi.com. With the design in accordance with the needs are expected to help Indobayi.com in increasing sales.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran, UKM, Media Sosial, Action Research, Measurement, SME, Social Media, Action Research |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Bram Rahadian |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 12:11 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 12:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/52344 |
Actions (login required)
View Item |