Analisa Sistem Pengendalian Gerak Yawing Nonlinear Kapal dengan Menggunakan Sistem Satu Propeler dengan Dua Daun Kemudi

Poernomo, Heroe (2002) Analisa Sistem Pengendalian Gerak Yawing Nonlinear Kapal dengan Menggunakan Sistem Satu Propeler dengan Dua Daun Kemudi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4297100051-Undergraduated Thesis.pdf]
Preview
Text
4297100051-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Sistem Vect Twin Rudder (VTR) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengendalikan gerak maneuver kapal dengan menggunakan dua daun kemudi yang berbentuk seperti ikan yang terletak dibagian belakang kapal (astern) dan sebuah propeller yang terletak tepat di tengah bagian belakang antara kedua daun kemudi tersebut. Pengaturan posisi kedua daun kemudi tersebut akan menghasilkan gerak kapal yang bervariasi. Tulisan ini membahas model matematika gerak manuver kapal dengan menggunakan koefisien yang didapatkan dari hasil eksperimen CMT, tes tahanan kapal, tes propeler dan pengujian di trowongan angin. Selanjutnya akan dibahas sistem pengendalian gerak yawing kapal dengan sistem VTR dan dilakukan simulasi pengendalian intelejen yang menggunakan tiga level pengendalian yang dilakukan oleh sistem intelejen sangat baik, dan sistem cepat mencapai keadaan stabil dalam waktu yang singkat yaitu sekitar 150-200 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.88 Poe a
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:28
Last Modified: 23 Jul 2018 02:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52455

Actions (login required)

View Item View Item