Analisis Topik Pada Suara Konsumen PT Angkasa Pura 1 (PERSERO) Cabang Juanda Dengan Menggunakan Pemodelan Gaussian Latent Dirichlet Allocation (GLDA)

Rozaliya, Baiq Zuyyina Hilyatur (2018) Analisis Topik Pada Suara Konsumen PT Angkasa Pura 1 (PERSERO) Cabang Juanda Dengan Menggunakan Pemodelan Gaussian Latent Dirichlet Allocation (GLDA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211440007002-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Cabang Juanda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan layanan penyelenggaraan penerbangan yang bertujuan untuk mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelanggan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Angkasa Pura Juanda mengimplementasikan website suara konsumen untuk menampung semua kritik dan saran yang diberikan pelanggan atas pelayanan yang disediakan. Selama pengimplementasian website suara konsumen, cukup banyak masukan yang didapatkan dari pelanggan. Namun, sejauh ini pihak perusahaan belum melakukan analisis lebih lanjut pada data masukan pelanggan untuk mengetahui trend kritik maupun saran yang diberikan. Maka dari itu, penelitian ini melakukan analisis topic modelling pada data kritikan maupun saran dari pelanggan untuk mengetahui topik-topik apa saja yang disampaikan oleh pelanggan serta trend dari topik tersebut, sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Analisis topic yang dilakukan menggunakan pemodelan Gaussian Latent Dirichlet Allocation (Gaussian LDA). Topik-topik yang dihasilkan dari pemodelan Gaussian LDA selanjutnya dianalisis dengan uji Perplexity dan Pointwise Mutual Information (PMI) untuk menganalisis kuantitas dan dibandingkan dengan hasil pemodelan LDA untuk menganalisis kualitas dari topik-topik yang dihasilkan oleh model. Berdasarkan hasil eksperimen pemodelan topik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa skenario data frasa batasan 1 dengan stemming pada metode pemodelan Gaussian LDA menghasilkan model terbaik. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa model pada skenario dengan jumlah topik sebanyak 13 dapat menghasilkkan nilai PMI sebesar 3.473 dan dari analisis hasil, model ini dapat melakukan pemodelan dengan akurasi sebesar 73% dan tingkat error sebesar 27%. ============== PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Juanda is a company that providing services to prioritize safety and comfort. To realize that goal, Angkasa Pura Juanda implements a consumer voice website to accommodate all the criticisms and suggestions provided by customers for the services. During the implementation of the consumer voice website, a considerable amount of input is gained from customers. However, so far the company has not done further analysis on the data that can be used to know the trend of criticism and advice given by customers. Therefore, this research does topic modeling on customer criticism and information to find out what topics are delivered by customers and the trends of the topic, enabling you to know the strategies and performance that can be done to improve service quality and customer satisfaction. Topic analysis was performed using Gaussian Latent Dirichlet Allocation (Gaussian LDA) modeling. The topics resulting from the LDA Gaussian modeling are then analyzed by the Perplexity and Pointwise Mutual Information (PMI) tests to analyze and compare with LDA modeling results to analyze the quality of the topics generated by the model. Based on the experimental results, it can be concluded that skenario data with limits 1 using stemming on modeling Gaussian LDA method gives the best model. From the test results obtained that the model in the scenario with the number of topics as much as 13 can generate the value of PMI of 3.473 and from the analysis result, this model can do modeling with an accuracy 73% and error rate 27%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Topic Modelling, Gaussian Latent Dirichlet Allocation, Suara Konsumen Juanda, Pointwise Mutual Information, Customer Voice Juanda, Pointwise Mutual Information
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Baiq Zuyyina Hilyatur Rozaliya
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:06
Last Modified: 02 Oct 2018 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52631

Actions (login required)

View Item View Item