Analisis Pengaruh Temperatur dan Waktu Tahan pada Proses Hardening Material 4340 terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro untuk Komponen Axle Shaft

Praditya, Jourdy (2018) Analisis Pengaruh Temperatur dan Waktu Tahan pada Proses Hardening Material 4340 terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro untuk Komponen Axle Shaft. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02511440000133-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Level Luffing Crane adalah mesin yang digunakan untuk transportasi cargo, container, bag carge dan curah kering di lingkungan pelabuhan. Luffing crane menggunakan rel sebagai sarana untuk berpindah tempatnya. Salah satu komponen dalam crane yang sangat penting yaitu axle shaft atau bisa disebut sebagai poros roda. Axle shaft pada luffing crane telah mengalami masalah keausan karena pemakaian material tersebut jauh dari umur yang direncanakan. Hasil uji komposisi meunjukkan material axle shaft adalah baja AISI 1045 yang mana tidak sesuai dengan standar sehingga diperlukan optimalisasi dengan perlakuan panas menggunakan material standar yaitu AISI 4340. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pengaruh temperatur dan waktu tahan pada proses hardening material 4340 terhadap sifat mekanik kekerasan dan struktur mikro untuk komponen axle shaft. Pengujian yang dilakukan meliputi uji metalografi, kekerasan dan ketahanan aus. Kemudian dilakukan pelakuan hardening menggunakan material standar 4340 dengan temperatur austenisasi 850 oC, 875 oC, dan 900 oC dengan waktu tahan selama 60, 90, dan 120 menit lalu dilakukan pendinginan dengan media oli. Kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan temperatur austenisasi 875 oC dengan waktu tahan 60 menit dengan kekerasan sebesar 528 HV dengan pengurangan massa sebesar 0,0227 mm. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa semakin tinggi nilai kekerasan semakin banyak jumlah struktur martensite.=============== Level Luffing Crane is a machine that used to transport cargo, container, bag carge, and etc. Luffing crane uses rail as means of migration. One of the most important component in crane is axle shaft. Axle shaft on luffing crane has experienced wear problem because the use of material is far from the planned age. From the composite test results obtained that the axle shaft material is steel material AISI 1045 which is not suitable to the standard so optimization is required with heat treatment using material standard AISI 4340. In this research process analysis of the effect of temperature and holding time on hardening process 4340 material to hardness mechanical properties and micro structure for axle shaft components. The tests include metallography test, hardness test and wear resistance test. Then the hardening treatment given with austenisation temperature 850 oC, 875 oC and 900 oC with holding time for 60, 90, and 120 minutes then fast cooled with oil. The highest hardness obtained in the specimen which hardened at austenitation temperature 875 oC with holding time 60 minutes with hardness and mass reduction respectively 528 HV and 0,0227 mm. Acording to the research results concluded that the higher hardness of material the more material contains martensite structure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: axle shaft, 4340, hardening, waktu tahan, oli, hardness, ketahanan aus, heat treatment, Level Luffing Crane, metallography test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN687 Electric furnaces.
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN690 Metallography. Physical metallurgy
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Praditya Jourdy
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:42
Last Modified: 13 Sep 2018 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52638

Actions (login required)

View Item View Item