Al Fattah, Namaz Eral (2018) Rancang Bangun Permainan Interaktif Untuk Rehabilitasi Penyakit Stroke Berbasis Elektromiogram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
07111440000188-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
didunia. Kesembuhan dari penyakit stroke tidak mengakhiri tahap penyembuhan tetapi pasien penderita stroke juga harus menjalani rehabilitasi pasca stroke.Kemajuan teknologi yang sekarang tidak memungkiri jika dapat membantu kemajuan dalam bidang medis. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat berperan membantu dalam bidang medis adalah permainan interaktif untuk rehabilitasi stroke . Rehabilitasi dengan permainan interaktif ialah rehabilitasi menggunakan permainan interaktif sebagai proses kognitif dan umpan balik untuk memberikan hasil langsung kepada pasien.Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, rehabilitasi ini dapat dijalankan lebih efesien karena permaian interaktif ini dapat dijalankan dirumah (self rehabilitation) dan juga dapat memberikan menunjukan feedback kepada pasien. Permainan interaktif ini menggunakan myo armband yang sudah diprogram sehingga dapat mengenali empat gerakan tangan (mengepal, menyebarkan, melambai kiri, melambai kanan) melalui sinyal otot pada tangan. Proses dari rehabilitasi ini dimulai dengan pasien memainkan permainan yang sudah terhubung dengan myo armband dan menyelesaikan permainan dengan empat gerakan. Proses permainan ini dilakukan dengan pemantauan pada sinyal otot pada pasien dan nilai waktu pada permainan.Dengan rehabilitasi yang menggunakan permainan interaktif sebagai media yang dapat mempercepat proses rehabilitasi dibandingkan rehabilitasi tradisional dan juga pada permainan interaktif dapat memberikan tingkat kesusahan pada permainan sehingga dapat memberikan tantangan pada pasien dan juga dapat menunjukan feedback kepada pasien sehingga dapat memperlihatkan kemajuan secara langsung dari pasien dari hari ke hari.Indikator kemajuan dari pasien dapat dianalisa melalui nilai amplitudo EMG ((Elektromiogram) yang dapat dilihat melalui myo armband dan kecepatan pasien penderita stroke dalam menyelesaikan permainan dari hari ke hari. Nilai sinyal EMG oleh myo armband ini sudah layak digunakan karena sudah dapat mengeluarkan sinyal otot sesuai yang seharusnya dari empat gerakan tersebut dan sudah dibandingkan dengan alat EMG yang ada. Pada hasil percobaan yang dilaksanakan pada 2 pasien sakit, kedua pasien memiliki peningkatan dari tiap pertemuan dengan waktu penyelesaian 265.5 detik pada pertemuan pertama, 236 detik pada pertemuan kedua,168 detik pada pertemuan ketiga 178.5 pada pertemuan keempat dan pada pertemuan terakhir 149 detik. =============== Stroke is one of the disease with the most number in the world. The healing of stroke does not end the healing stage but stroke patients also have to undergo post-stroke rehabilitation. Current technological advances do not deny if it can help advances in the medical field. One of the technological advances that can play a role in helping the medical field is an interactive game for stroke rehabilitation. Rehabilitation with interactive games is rehabilitation using interactive games as a cognitive process and feedback to provide immediate results to patients. By utilizing technological advances, these rehabilitation can be run more efficiently because these interactive games can be run at home (self rehabilitation) and can also provide feedback to the patient. This interactive game uses programmable myo armband to recognize four hand movements (clenching, spreading, waving left, waving right) through the muscle signals on the hand. The process of rehabilitation begins with the patient playing a game that is already connected with myo armband and completing the game with four movements. This game process is done by monitoring the muscle signals in the patient and the time value of the game. With rehabilitation using interactive games as a medium that can speed up the rehabilitation process compared to traditional rehabilitation as well as in interactive games can provide a level of distress on the game so as to challenge the patient and can also show feedback to the patient so as to show the patient's progress directly from day to day. The patient's progress indicators can be analyzed through the EMG amplitude value (Elektromiogram) which can be seen through the myo armband and the speed of the stroke patient in completing the game from day to day.The value of EMG signal by myo armband is already feasible to use because it is able to remove the muscle signal as it should be of the four movements and has been compared with the existing EMG tool. In the results of the experiments conducted on 2 sick patients, both patients had an increase from each meeting with a completion time of 265.5 seconds at the first meeting, 236 seconds at the second meeting, 168 seconds at the third meeting 178.5 at the fourth meeting and at the last meeting 149 seconds.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electromyograph, Interactive Games, Myo Armband, Self-Rehabilitation, Elektromiogram, Myo Armband, Permaian Interaktif, Self-rehabilitation, recognize four hand movements, stroke rehabilitation |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games R Medicine > R Medicine (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Computer-aided design. T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing. |
Divisions: | Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Al Fattah Namaz Eral |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 02:27 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 02:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/52650 |
Actions (login required)
View Item |