Algoritma Menghadang Bola Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Robot Penjaga Gawang Sepak Bola Beroda

Arief, Kamal (2018) Algoritma Menghadang Bola Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Robot Penjaga Gawang Sepak Bola Beroda. Undergraduate thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

[thumbnail of 07111440000194-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000194-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Robot sepak bola beroda adalah suatu robot yang bekerja secara tim untuk melakukan permainan sepak bola. Peran penjaga gawang dalam permainan ini sangat vital karena merupakan pertahanan terakhir sebelum mendapatkan gol. Oleh karena itu, perlu penjagaan yang responsif dalam menghadang bola. Untuk mendapatkan penghadangan bola yang responsif metode Fuzzy Logic dapat diterapkan disini.
Input Fuzzy Logic dalam penelitian ini berupa sudut bola terhadap robot dan kecepatan pergerakan bola. Dengan mengetahui sudut bola terhadap robot kita akan mendapatkan orientasi pergerakan robot tersebut menuju bola. Lalu, dengan mengetahui kecepatan bola kita akan mendapatkan kecepatan robot yang diperlukan untuk menghadang bola dengan tepat. Robot penjaga gawang pada tugas akhir kali ini menggunakan robot dari Tim Robot Sepak Bola Beroda ITS. Pengujian dalam penelitian ini untuk mengetahui respon robot dalam menghadang bola pada setiap tendangan.
Pada hasil pengujian yang dilakukan robot telah berhasil menghadang bola dengan tepat, dari 50 percobaan tendangan, robot ini dapat menghadang 38 tendangan. Persentase penyelamatan yaitu 76%. Dari data sudut bola, kecepatan pergerakan bola dan keluaran dari metode fuzzy sesuai dengan rule yang direncanakan.
=================================================================================================
A wheeled soccer robot is a robot that works in a team to do soccer games. The role of the goalkeeper in this game is vital as it is the last defense before getting a goal. Therefore, there needs to be a responsive guard in blocking the ball. To obtain a responsive ball retouch the Fuzzy Logic method can be applied here.
Fuzzy Logic input in this research is the angle of the ball against the robot and the speed of movement of the ball. By knowing the angle of the ball against the robot we will get the orientation of the movement of the robot to the ball. Then, by knowing the speed of the ball we will get the robot speed required to block the ball properly. The goalkeeper robot in this final project uses a robot from ITS Wheeled Soccer Robot Team. Testing in this research is to know the robot response in blocking the ball and the percentage of rescue that can be done in several kick.
In the test results conducted robots have managed to block the ball properly, from 50 kicks experiment, this robot can block 38 kicks. The percentage of rescue is 76%. From the data angle of the ball, the speed of movement of the ball and the output of the fuzzy method in accordance with the planned rule.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: robot penjaga gawang, menghadang bola, Fuzzy Logic, robot goalkeeper, blocking ball, Fuzzy Logic, response
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ211 Robotics.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: kamal arief
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:23
Last Modified: 09 Aug 2021 22:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52791

Actions (login required)

View Item View Item