Analisis Tegangan Pada Penegar Wrang Pelat Akibat Kemiringan Penegar Wrang Pelat

Sukoco, Robertus Bimo Pamungkas (2018) Analisis Tegangan Pada Penegar Wrang Pelat Akibat Kemiringan Penegar Wrang Pelat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111440000002-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fitting yang tidak tepat pada penegar wrang pelat dan pembujur alas dalam menyebabkan terjadinya misalignment pada sambungan penegar wrang pelat dengan pembujur alas dalam. Misalignment tersebut disarankan untuk diperbaiki dengan menghilangkan las pada penegar wrang pelat sepanjang lima puluh kali jarak antara penegar wrang pelat dan pembujur alas dalam, serta membengkokkan penegar sampai menempel pada dengan pelat bilah pembujur alas dalam sehingga penegar wrang pelat mengalami kemiringan. Dengan kemiringan yang terjadi pada penegar wrang pelat tersebut, tegangan yang terjadi pada sambungan wrang pelat dan pembujur alas dalam mengalami perubahan akibat beban muatan dan beban yang diakibatkan oleh gelombang. Perhitungan tegangan yang terjadi pada sambungan pembujur alas dalam dengan penegar wrang pelat dilakukan dengan bantuan program elemen hingga. Variasi yang dilakukan adalah model konstruksi dengan misalignment pada penegar wrang pelat Berpenegar Flatbar dan berprofil L, kedua variasi tersebut dibandingkan dengan model konstruksi tanpa misalignment. Pembuatan model struktur untuk perhitungan elemen hingga dilakukan dengan software AutoCAD. Hasil analisis menunjukan peningkatan tegangan akibat misalignment sebesar 4.864% pada konstruksi dengan penegar wrang pelat berpenegar flatbar dan 0.439% pada konstruksi dengan penegar wrang pelat berprofil L. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan tegangan terbesar terjadi pada penegar wrang pelat flatbar yaitu 4.864%, dengan nilai tegangan terbesar terjadi pada penegar wrang pelat berpenegar flatbar dengan nilai tegangan 116.43 MPa. Tegangan yang terjadi pada model benerpenegar flatbar dan profil L yang mengalami misalignment masih jauh di bawah tegangan ijin menurut Biro Klasifikasi Indonesia yaitu 230 MPa. ================ Misalignment on plate floor stiffener and inner bottom longitudinal occured due to bad fitting process. Recommended remedial or repair is conducted by removing the weld through the length of fifthy times the distance between the inner bottom longitudinal and the plate floor stiffener, and tilting the plate floor stiffener so the inner bottom longitudinal face will be welded with the plate floor stiffener. Tilted plate floor stiffener will change the stress because of inner bottom and bottom load. Stress calculation done with finite element software. Variations are misaligned flatbar plate floor stiffener and misaligned L plate floor stiffener, all variations will be compared with non-misaligned plate floor stiffener. Structure model for finite element calculation made by AutoCAD software. Analysis shows that misalignment in flatbar plate floor stiffener model will cause stress increase by 4.865%, and 0.439% in L plate floor stiffener model. Therefore, stress increase due to tilted flatbar plate floor stiffener is the largest. The largest stress value is 116.43 MPa at tilted flatbar plate floor stiffener. Stress occured on both misaligned flatbar and L plate floor stiffener model still far below permissible stress according to Biro Klasifikasi Indonesia i.e. 230 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Plate floor stiffener, misalignment, stress analysis, finite element method, Penegar wrang pelat, misalignment, analisis tegangan, metode elemen hingga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Robertus Bimo Pamungkas Sukoco
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:08
Last Modified: 29 Nov 2018 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53202

Actions (login required)

View Item View Item