Analisis Tegangan Pada Penegar Wrang Pelat Akibat Kemiringan Penegar Wrang Pelat

Sukoco, Robertus Bimo Pamungkas (2018) Analisis Tegangan Pada Penegar Wrang Pelat Akibat Kemiringan Penegar Wrang Pelat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000002-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04111440000002-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitting yang tidak tepat pada penegar wrang pelat dan pembujur alas dalam
menyebabkan terjadinya misalignment pada sambungan penegar wrang pelat dengan
pembujur alas dalam. Misalignment tersebut disarankan untuk diperbaiki dengan
menghilangkan las pada penegar wrang pelat sepanjang lima puluh kali jarak antara penegar
wrang pelat dan pembujur alas dalam, serta membengkokkan penegar sampai menempel pada
dengan pelat bilah pembujur alas dalam sehingga penegar wrang pelat mengalami
kemiringan. Dengan kemiringan yang terjadi pada penegar wrang pelat tersebut, tegangan
yang terjadi pada sambungan wrang pelat dan pembujur alas dalam mengalami perubahan
akibat beban muatan dan beban yang diakibatkan oleh gelombang.
Perhitungan tegangan yang terjadi pada sambungan pembujur alas dalam dengan
penegar wrang pelat dilakukan dengan bantuan program elemen hingga. Variasi yang
dilakukan adalah model konstruksi dengan misalignment pada penegar wrang pelat
Berpenegar Flatbar dan berprofil L, kedua variasi tersebut dibandingkan dengan model
konstruksi tanpa misalignment. Pembuatan model struktur untuk perhitungan elemen hingga
dilakukan dengan software AutoCAD.
Hasil analisis menunjukan peningkatan tegangan akibat misalignment sebesar 4.864%
pada konstruksi dengan penegar wrang pelat berpenegar flatbar dan 0.439% pada konstruksi
dengan penegar wrang pelat berprofil L. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan
tegangan terbesar terjadi pada penegar wrang pelat flatbar yaitu 4.864%, dengan nilai
tegangan terbesar terjadi pada penegar wrang pelat berpenegar flatbar dengan nilai tegangan
116.43 MPa. Tegangan yang terjadi pada model benerpenegar flatbar dan profil L yang
mengalami misalignment masih jauh di bawah tegangan ijin menurut Biro Klasifikasi
Indonesia yaitu 230 MPa. ================ Misalignment on plate floor stiffener and inner bottom longitudinal occured due to bad
fitting process. Recommended remedial or repair is conducted by removing the weld through
the length of fifthy times the distance between the inner bottom longitudinal and the plate
floor stiffener, and tilting the plate floor stiffener so the inner bottom longitudinal face will be
welded with the plate floor stiffener. Tilted plate floor stiffener will change the stress because
of inner bottom and bottom load.
Stress calculation done with finite element software. Variations are misaligned flatbar
plate floor stiffener and misaligned L plate floor stiffener, all variations will be compared with
non-misaligned plate floor stiffener. Structure model for finite element calculation made by
AutoCAD software.
Analysis shows that misalignment in flatbar plate floor stiffener model will cause
stress increase by 4.865%, and 0.439% in L plate floor stiffener model. Therefore, stress
increase due to tilted flatbar plate floor stiffener is the largest. The largest stress value is
116.43 MPa at tilted flatbar plate floor stiffener. Stress occured on both misaligned flatbar
and L plate floor stiffener model still far below permissible stress according to Biro
Klasifikasi Indonesia i.e. 230 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Plate floor stiffener, misalignment, stress analysis, finite element method, Penegar wrang pelat, misalignment, analisis tegangan, metode elemen hingga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Robertus Bimo Pamungkas Sukoco
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:08
Last Modified: 23 Apr 2021 04:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53202

Actions (login required)

View Item View Item