Rancang Bangun Aplikasi Coloring Book untuk Anak menggunakan Augmented Reality pada Smartphone Berbasis Sistem Operasi Android

Ismail, Deni (2018) Rancang Bangun Aplikasi Coloring Book untuk Anak menggunakan Augmented Reality pada Smartphone Berbasis Sistem Operasi Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000022-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111440000022-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Smartphone saat ini sudah mendukung fitur augmented reality. Augmented reality mampu menampilkan objek virtual ke dalam dunia nyata. Fitur pada smartphone tersebut tentunya dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan bagi anak usia dini. Teknologi Augmented Reality dapat digunakan untuk mengasah kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai. Dengan teknologi AR, pewarnaan dilakukan secara langsung pada kertas yang berisi gambar lalu dipindai menggunakan kamera pada smartphone dan warna akan ditampilkan langsung ke dalam objek 3 dimensi sesuai dengan warna yang diberikan pada gambar. Objek yang muncul dapat dipindah, diperbesar, dan diputar oleh pengguna.
Berdasarkan hasil pengujian, tekstur yang dimunculkan ke dalam objek 3 dimensi sudah mengikuti warna pada gambar yang disediakan. Objek juga bisa menerima interaksi dari pengguna. Selain itu, minat anak dalam mewarnai juga bertambah dengan adanya teknologi augmented reality ini. Dengan semakin meningkatnya minat anak dalam menggambar, maka kreativitas anak juga akan semakin terangsang.
=========================================================
=========================================================
Smartphones currently support the augmented reality feature. Augmented reality is capable of displaying virtual objects into the real world. These feature can certainly be used for children education. Augmented Reality technology can be used to stimulate children’s creativity trough coloring activity. With AR technology, coloring process is directly on the paper caontaining the image and then the application will scan using camera on smartphone and the color will be displayed on 3D object according to the color given on the image. The object can be moved, zoomed, and rotated by the user.
Based on the test results, the texture that is raised into 3 dimensional objects already follow the color in the image provided. The object also can accept interaction from user. In addition, the interest of children in coloring also increases with the existence of this augmented reality technology. With the increasing interest of children in drawing, then the creativity of children will also be more stimulate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pewarnaan Langsung, Pemetaan Ulang Tekstur, Merangsang Kreativitas Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Deni Ismail
Date Deposited: 21 Jun 2021 10:53
Last Modified: 21 Jun 2021 10:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54527

Actions (login required)

View Item View Item