Pengaruh Tekanan Oksigen Terhadap Delignifikasi Pada Proses Pulping

Butar Butar, Josua Goklas and Darminto, Pradana Setyo (2018) Pengaruh Tekanan Oksigen Terhadap Delignifikasi Pada Proses Pulping. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Lengkap Compres.pdf]
Preview
Text
Lengkap Compres.pdf - Accepted Version

Download (576kB) | Preview

Abstract

Delignifikasi merupakan proses penghilangan lignin pada material yang memiliki lignoselulosa, artinya hasil dari proses ini berupa selulosa. Untuk mempercepat reaksi penghilangan lignin tanpa menambah jumlah zat pemutih yang digunakan, maka ditambahkan oksigen sebagai oksidator. Proses ini disebut Medium Consistency Oxygen Delignification (MCO2) process. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tekanan oksigen terhadap delignifikasi pada pulping. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini adalah kayu berjenis hardwood, yaitu Acacia mangium dan kayu berjenis softwood yaitu Manihot esculenta crantz Alur penelitian ini meliputi proses penambahan oksigen pada pulp sampai tahap pemisahan sampel untuk kemudian dihitung besarnya Kappa number. Dalam penelitian ini, digunakan variabel tetap meliputi jumlah bahan baku (4 gram), katalis NaOH ( 4,6,8 mL) dan waktu reaksi
ii
20,40,80 menit, sedangkan untuk variabel bebas meliputi tekanan oksigen sebesar 1 dan 5 bar dan suhu operasi 70,80 dan 90°C. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil terbaik pada variasi tekanan 5 bar, suhu 80 C dan waktu 80 menit untuk kedua macam sampel, dengan Kappa number sebesar 8,03 untuk sampel Acacia mangium dan 10,61 untuk sampel Manihot esculenta crantz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP370 Food processing and manufacture
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Butar B Josua Goklas
Date Deposited: 21 Jun 2021 10:37
Last Modified: 21 Jun 2021 10:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54541

Actions (login required)

View Item View Item