Ekstraksi Lipid Dari Mikroalga Nannochloropsis Oculata Dengan Menggunakan Microwaved Assisted Method

Agastha, Feraldo and Audi, Pradita (2018) Ekstraksi Lipid Dari Mikroalga Nannochloropsis Oculata Dengan Menggunakan Microwaved Assisted Method. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02211440000083_Undergraduate Theses.pdf]
Preview
Text
02211440000083_Undergraduate Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu sumber bahan alam yang berpotensi untuk dapat
dijadikan biodiesel adalah mikroalga karena memiliki lipid yang mengandung minyak yang cukup tinggi. Nannochloropsis oculata merupakan salah satu contohnya, sehingga perlu dikembangkan ekstraksi lipid dari mikroalga Nannochloropsis oculata. Pada penelitian ini akan digunakan metode Microwave Assisted Extraction (MAE). Metode ini memiliki beberapa kelebihan yaitu proses tidak terlalu lama serta menghemat konsumsi energi. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari cara dalam memperoleh lipid mikroalga Nannochloropsis oculata dengan menggunakan metode Microwaved-Assisted Extraction (MAE) dengan pelarut metanol dan campuran metanol–n-heksana dan mempelajari pengaruh jenis pelarut,volume pelarut, daya serta waktu ekstraksi terhadap yield crude lipid yang dihasikan. Massa mikroalga kering yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 5 gram, daya sebesar 300; 450; 600 watt serta waktu ekstraksi 10; 20; 30; 40; 50; 60 menit. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengekstraksi mikroalga yang
telah dicampurkan dengan pelarut (metanol/campuran metanol–nheksana) dengan microwave. Setelah mengekstraksi, memisahkan minyak dengan menggunakan corong buchner dan kertas saring dengan bantuan pompa vakum. Hasilnya diuapkan sampai membentuk slurry dan tidak ada yang menguap lagi. Dari metode yang dilakukan didapatkan yield crude lipid sebesar 65,69% dengan menggunakan massa mikroalga kering 5 gram pada daya 300 watt selama 50 menit dan volume pelarut 45 ml metanol. Kesimpulan yang didapat adalah proses ekstraksi dengan Microwaved-Assisted Extraction merupakan metode yang efisien karena bisa menghemat waktu dan energi serta karena ekstraksi terjadi secara simultan. Semakin lama waktu ekstraksi maka yield crude lipid yang diperoleh semakin menurun dan semakin tinggi daya yang digunakan maka yield crude lipid yang didapatkan semakin menurun tetapi kondisi lipid yang diperoleh berupa liquid. Sementara semakin banyak volume pelarut maka yield crude lipid yang diperoleh semakin tinggi.
Kata kunci : Nannochloropsis oculata., Ekstraksi, Microalgae, Microwaved- Assisted Extraction (MAE)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nannochloropsis oculata, Ekstraksi, Microalgae, Microwaved- Assisted Extraction (MAE)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD251.2 Chemistry, Organic. Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD75.2 Chemistry, Analytic
T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TP Chemical technology > TP339 Ethanol as fuel. Biomass energy.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Feraldo Agastha Maruanaya
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:34
Last Modified: 23 Jun 2021 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54623

Actions (login required)

View Item View Item