Perbandingan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Pelat Lantai Dengan Metode Half Slab Precast Dengan Metode Konvesional Pada Proyek Pembangunan Pabrik Untung Bersama Sejahtera (Ubs) - Surabaya

Kuspitarini, Fitrya Ita (2018) Perbandingan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Pelat Lantai Dengan Metode Half Slab Precast Dengan Metode Konvesional Pada Proyek Pembangunan Pabrik Untung Bersama Sejahtera (Ubs) - Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111715000034-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
10111715000034-Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode pelaksanaan pada suatu proyek konstruksi adalah tahapan yang sangat penting dalam perencaaan proyek konstruksi hal ini dikarenakan akan mempengaruhi biaya maupun waktu yang dibutuhkan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh pelaku proyek adalah dengan cara mengganti teknik konstruksi yang konvesional dengan cara yang lebih modern, yaitu dengan menerapkan metode pracetak.
Pada tugas akhir ini akan dilakukan perbandingan metode konvensional dan half slab precast pada proyek pembangunan Pabrik Untung Bersama Sejahtera Surabaya, yang ditinjau dari segi waktu dan biaya, dimana pada proyek pembangunan Pabrik UBS sebelumnya menggunakan metode konvensional.
Metode perbandingan yang digunakan adalah dengan menghitung ulang struktur pelat pada bangunan dengan menggunakan half slab precast yang awalnya didesain jenis konvesional. Langkah-langkah penelitihan adalah pengumpulan data, menenetukan metode pelaksanaan, dimana dalam tahapan untuk metode half slab precast dilakukan perhitungan struktur half slab precast yang sesuai dengan mutu yang direncanakan sebelumnya, kemudian kemudian menghitung volume dan produktifitas pekerjaan dari dua metode tersebut, yang kemudian dihitung waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan half slab precast dan untuk perhitungan pelat konvensional mengacu pada data yang diperoleh dari proyek. Kedian hasil dari perhitungan waktu dan biaya pekerjaan pelat konveional dengan half slab precast kemudian dibandingkan sehingga dapat diketahui sistem pengecoran mana yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu dari kedua metode tersebut yang dapat diaplikasikan pada proyek pembangunan Pabrik UBS Surabaya.
Adapun analisis perbandingan sistem precast half slab dengan pelat konvensional didapatkan hasil untuk sistem precast half slab membutuhkan waktu pelaksanaan 106 hari dengan biaya sebesar Rp 6.223.328.897 sedangkan pelat konvensional membutuhkan waktu pelaksanaan 120 hari dengan biaya sebesar Rp 7.606.429.497.================== ========================================================
The selection of implementation methods on a construction project is a very important step to planning construction projects, because it will affect the cost and time required. One effort that can be done by the project actors is to replace conventional construction techniques in a more modern way by applying the precast method.
In this final project, it will be done comparison of conventional method and half slab precast on Untung Bersama Sejahtera Factory Surabaya, in terms of time and cost, which in UBS factory development project previously using conventional method.
The comparative method used is to recalculate the structure of the plate by using half slab precast initially designed conventional type. The step is collection data, determining the method of implementation, calculated the structure of half slab precast method with the quality like the planned before, then calculate the volume and productivity of the work from two methods, then calculated time and cost required for half slab precast and calculation conventional plate calculations refers from obtained data project. And then comparetion the results of calculation time and cost from the two methods, finally it can be known which system is more efficient that can be applied to UBS Surabaya factory project.
The comparative analysis of precast half slab system with conventional plate obtained results for half slab precast system requires a time of implementation 106 days at a cost of Rp 6.223.328.897 while conventional plates require a time of implementation of 120 days at a cost of Rp 7.004.298.472.
Key word : Half Slab Precast, convetional plate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Half Slab Precast, convetional plate,
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: fitrya ita kuspitarini
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:58
Last Modified: 24 Jun 2021 00:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54930

Actions (login required)

View Item View Item