Analisis Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalur Ganda (Double Track) Lintas Surabaya - Solo

Hadiyanti., Amelinda Ismi (2018) Analisis Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalur Ganda (Double Track) Lintas Surabaya - Solo. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650025002-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
09211650025002-Master_Theses.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan kereta api merupakan program strategis nasional. Salah satu yang diperhatikan adalah Pembangunan Jalur Ganda pada Lintas Surabaya - Solo antara Madiun - Kedungbanteng (JGMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko apa saja yang berpengaruh terhadap proyek pembangunan jalur ganda. Pembangunan jalur ganda ini juga berpotensi terhadap adanya risiko dikarenakan lokasi pada pekerjaan pembangunan jalur ganda ini berada di sisi jalur kereta api eksisting. Apabila risiko terjadi maka dampak yang dapat ditimbulkan sangat tinggi jika tidak teridentifikasi sebelumnya. Analisis risiko pada pembangunan proyek jalur ganda ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan survei pendahuluan, survei utama dan wawancara. Tahap survei pendahuluan dengan responden tenaga profesional yang berpengalaman (expert). Pada survei utama dan wawancara menggunakan tim inti proyek berjumlah 15 responden dan tenaga ahli di luar tim proyek berjumlah 4 responden, sehingga total keseluruhan sebanyak 19 responden.
Risiko yang didapatkan pada penelitian ini adalah variabel risiko yang berada pada level tinggi (high) sebanyak 10 variabel risiko yaitu ketidaksesuaian antara data topografi, tidak berkompetennya pelaksana lapangan, penerapan prosedur K3 yang tidak tepat, kesalahan RAB, keterlambatan pekerjaan, jauhnya ketersediaan material, kecelakaan kerja, adanya peraturan operasional, dampak negatif pada masyarakat dan biaya denda. Oleh karena itu pekerjaan pembangunan proyek jalur ganda ini sangat berisiko sehingga diperlukan proses mitigasi risiko guna memperkecil level risiko. Sehingga hasil dari analisis risiko yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan koordinasi, pemantauan ketat terhadap progres pekerjaan serta pembuatan SOP terkait pekerjaan yang belum memiliki standar opeasional agar dapat mengurangi dampak terhadap adanya risiko yang signifikan. =====================================================================================================
Railway infrastructure construction is a strategic program of the country. One of the concerns is the Double Track Construction on Surabaya - Solo Track between Madiun - Kedungbanteng (JGMK). This study aims to identify what risks that affect the double track construction project. This study also has the potential to risk because the location on this double track construction work is on the side of the existing railway line. If the risk occurs then the impact can be very high if not identified.
The risk analysis on the construction of this double track project uses qualitative method. Data collection techniques used in this study were using preliminary surveys, primary surveys and interviews. Preliminary survey stage with respondents of experienced professionals. Preliminary survey stage with respondents of experienced professionals (experts). In the main survey and interviews using the project's core team of 15 respondents and experts outside the project team amounted to 4 respondents, resulting in a total of 19 respondents.
The results obtained in this study are risk variables that are at high level as many as 10 risk variables that are mismatch between topographic data, incompetent field implementers, improper implementation of OSH procedures, RAB errors, job delays, material availability, accidents, operational rules, negative impacts on society and the cost of fines. So the result of risk analysis has been done by coordinating, closely monitoring the progress of the work and the making of work-related standard operational procedure that do not have an operational standard in order to reduce the impact on the existence of significant risks.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Risk Analysis, Infrastructure, Double Track, Perception and Contractor
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Maulana Mufti Muhammad
Date Deposited: 17 Jun 2022 00:44
Last Modified: 22 Jun 2022 01:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55182

Actions (login required)

View Item View Item