Analisa Pengaruh Root Gap pada Pengelasan Material Baja AH 36 dengan Backing Ceramic

Fauzi, Muhamad Haris (2018) Analisa Pengaruh Root Gap pada Pengelasan Material Baja AH 36 dengan Backing Ceramic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311440000064 - Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
04311440000064 - Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembangunan kapal terdapat beberapa jenis sambungan dan jenis material dengan tebal material yang berbeda-beda. Pada pengelasan sambungan joint seringkali dilakukan pengelasan dua sisi. Ini menyebabkan tidak efisiennya waktu dan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu digunakan backing ceramic agar pengelasan hanya dilakukan pada satu sisi. Karena backing ceramic berfungsi sebagai penahan supaya penetrasi pengelasan tersebut menjadi lebih baik dan hasil pengelasan menjadi lebih bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan uji bending dan kekuatan tarik pada pada plat baja AH 36 dengan proses pengelasan FCAW dengan menggunakan backing ceramic dan tanpa menggunakan backing ceramic. Spesimen dilakukan pengujian bending berupa root bend. Pada pengujian bending hasil pengelasan tidak mengalami cacat dan bisa diterima sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pada pengujian kekuatan tarik dengan gap 2 mm tanpa backing ceramic didapatkan nilai yield strength 315 MPa dan ultimate strength 473 MPa, pada pengelasan dua sisi dengan gap 2 mm tanpa backing ceramic didapatkan hasil yield strength 314 MPa dan ultimate strength 479 MPa, pada pengelasan dengan gap 2 mm dengan backing ceramic mendapatkan nilai yield strength 317 MPa dan ulitmate strength 482 MPa, pada pengelasan dengan gap 4 mm dengan backing ceramic mendapatkan nilai yield strength 321 MPa dan ultimate strength 494 MPa, pada pengelasan dengan gap 6 mm dengan backing ceramic mendapatkan nilai yield strength 322 MPa dan ultimate strength 499 MPa.
=========================================================In shipbuilding there are several types of connections and types of material with different thickness of material. In joint welding joints are often done two-sided welding. This leads to inefficient time and cost. Therefore, the use of backing ceramic for welding is only done on one side. Because the backing ceramic serves as a holder so that the penetration of the welding becomes better and the welding becomes better. The purpose of this research is to know the value of bending test strength and tensile strength on steel plate AH 36 with FCAW welding process by using backing ceramic and without using backing ceramic. Specimens were tested for bending in the form of root bend. In bending test the welding results do not experience defects and can be accepted in accordance with predetermined criteria. In the test of tensile strength with 2 mm gap without backing ceramic obtained yield strength 315 Mpa and ultimate strength 473 Mpa, on two sided welding with gap 2 mm without backing ceramic yield strength 314 Mpa and ultimate strength 479 Mpa, at welding with gap 2 mm with backing ceramic get yield strength 317 Mpa and ultimate strength 482 Mpa, at welding with gap 4 mm with backing ceramic get yield strength 321 Mpa and ultimate strength 494 MPa, at welding with gap of 6 mm with backing ceramic get yield strength 322 Mpa and ultimate strength 499 Mpa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: FCAW, Backing Ceramic, Bending Test, Tensile Strength Test.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhamad Haris Fauzi
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:54
Last Modified: 28 Jun 2021 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55506

Actions (login required)

View Item View Item